SIMULASI KEKUATAN MEKANIS MATERIAL KOMPOSIT TEMPURUNG KELAPA MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Darianto Darianto(1*), Amru Siregar(2), Bobby Umroh(3), Dedi Kurniadi(4),


(1) Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
(2) Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
(3) Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
(4) Fakultas Teknik, Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Komposit merupakan sejumlah sistem multi fasa sifat gabungan, yaitu gabungan antara bahan matriks atau pengikat dengan penguat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimental serta membandingkan hasil pengujian pada metode elemen hingga yang dilakukan penelitian di laboratorium. Objek penelitian berupa serat tempurung kelapa yang dipilih karena melimpahnya sumber daya alam tersebut. Spesimen matriks resin dibuat dengan standar ASTM D 638 M-84 dengan bahan resin epoksi dan katalis menggunakan metode pengecoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengujian laboratorium. Instrumen yang digunakan berupa lembar pencatatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan kekuatan tarik komposit tertinggi dengan tata letak random sebesar 3,38 kgf/mm2 dan perpanjangan sebesar 0,38 mm, Cross sebesar 3,03 kgf/mm2 dan perpanjangan sebesar 0,86 mm, continuous sebesar 2,24 kgf/mm2 dan perpanjangan sebesar 1,03 mm, woven sebesar 1,64 kgf/mm2 dan perpanjangan sebesar 0,64 mm. Bentuk patahan menunjukan bahwa hasil pengujian tarik mengalami patahan getas, karena ujung patahan terdapat patahan 900 dan kasar di karenakan adanya mekanisme fiber pull out.

Keywords


kekuatan tarik, komposit, resin, tempurung kelapa

Full Text:

PDF

References


Desai, M,C, S. A. (2008) Experimental and Computational Aerodynamic Investigations of a Car, ISSN 1790-5087, Mechanical Engineering SVNIT, India.

Damjanović, D. (2010) Car Design As A New Conceptual Solution And CFD Analysis In Purpose Of Improving Aerodynamics, Josip Juraj Strossmayer University of Osijek, Mechanical Engineering Croatia.

Nakashima, T (2008) Simulation Of Unsteady Vehicle Aerodynamics And Flow Structures, BBAA VI International Colloquium on : Bluff Bodies Aerodynamics & Applications, Milano, Italy.

Sheikh A.Z. (2003) Simulasi Aerodinamika Kendaraan Dengan Munggunakan Fluent, Jurnal Teknikal Dan Kajian Sosial, Jilid 1, Malaysia.

Tuakia, F. (2008), Dasar-dasar CFD Menggunakan FLUENT, Informatika, Bandung.

Zuhri, M. (2009) Analisa Desain Aerodinamika Mobil Sedan Dengan Menggunakan Program Komputasi Dinamika Fluida, Teknik Mesin Universitas Diponegoro, Semarang.

M. M. Islam (2010) Computational Drag Analysis Over A Car Body Dhaka: Department of Mechanical Engineering, University of Engineering and Technology Bangladesh.

Munson, B. (2002) Fundamentals of Fluid Mechanics, 5th edition. New York: John Wiley&Co.

Rajamani G.K. (2006) CFD Analysis of Air Flow Interactions in Vehicle Platoons. School of Aerospace, Mechanical and Manufacturing Engineering RMIT University.

Krishnani, P.N. (2006) CFD Study Of Drag Reduction Of A Generic Sport Utility Vehicle. Mumbai: Mumbai University.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jmemme.v3i1.2443

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JMEMME: JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING, MANUFACTURES, MATERIALS AND ENERGY
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Tenik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme dan Email: jmemme@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License