ANALISA RESPON MEKANIK GENTENG DARI BAHAN BETON BUSA DIPERKUAT SERAT TKKS AKIBAT BEBAN IMPAK HUJAN ES DENGAN MENGGUNAKAN IMPACTOR BATANG ALUMINIUM

Ade Irwan(1*),


(1) Fakultas Teknik, Universitas Harapan
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mengurangi beban mati pada konstruksi rumah, dikembangkan produk genteng dari bahan Concrete foam (Beton busa) diperkuat serat tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebagai bahan ringan alternatif. Beton busa merupakan jenis beton ringan yang menggunakan foam dan serat TKKS sebagai agregat ringannya. Beton busa telah diteliti dan dikembangkan menjadi berbagai produk bangunan ringan, salah satunya ialah genteng ringan. Fenomena hujan es dapat merusak pesawat, mobil, dan tentu saja atap rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa respon mekanik produk genteng dari material komposit beton busa diperkuat serat TKKS akibat beban impak yang diakibatkan hujan es. Untuk memverifikasi hasil pengukuran, dilakukan pula simulasi beban impak menggunakan software Ansys. Pengujian impak hail (hujan es), dilakukan menggunakan alat uji kompresor impak (KOMPAK) dengan batang aluminium sebagai impactor-nya. Pengukuran tegangan pada spesimen diukur dengan menggunakan strain gages untuk beton. Pengujian divariasikan dengan jarak impak striker dan impactor. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa produk genteng tidak mengalami kegagalan hingga kecepatan impak 14 m/detik. Pada jarak impak 60 mm (kecepatan impak 16,09 m/detik) genteng mulai mengalami kerusakan, dengan tegangan yang terukur pada strain gage sebesar 1,07 MPa. Dari hasil simulasi beban impak dengan Ansys, diperoleh tegangan normal arah sumbu X sebesar 1,0726 MPa.

Keywords


Genteng ringan, Komposit beton busa diperkuat serat TKKS, Simulasi numerik, Impak hujan es

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2019, April Monday). National Severe Storms Laboratory. Retrieved from National Severe Storms Laboratory: http:/www.nssl.noaa.gov/education/svrwx101/hail/

ANSI. (2011). Test Standard for Impact Resistance Testing of Rigid Roofing Materials by Impacting with Freezer Ice Balls. New York: ANSI Co.

Changnon, S. (1999). Data and Approaches for Determining Hail Risk in the Contiguous United States. Journal of Applied Meteorology, 1730-1739.

Fitriadi, N., & Syam, B. (2014). Analisa Pengaruh Gelembung Udara Terhadap Prilaku Mekanik pada MAterial Concrete Foam Dicampur Serat TKKS. SNTR I (pp. 1-9). Tapak Tuan: Politeknik Aceh Selatan.

Irwan, A. (2018). Penyelidikan Perilaku Mekanik Bahan Komposit Beton Busa Diperkuat Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) Akibat Beban Lentur. Wahana Inovasi, 254-257.

Md Idris, M. F., Musa, M. M., & Ayob, S. M. (2011). Noise Generated by Raindrop on Metal Deck Roof Profiles: It’s Effect towards People Activities. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Amsterdam: Elsevier.

NAHB Research Center, Inc. (2000). Design Loads for Residential Buildings. In J. Crandell, A. Frankar, & D. F. Luebs, Residential Structural Design Guide: 2000 Edition. Washington, DC: National Association of Home Builders.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jmemme.v3i1.2498

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JMEMME: JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING, MANUFACTURES, MATERIALS AND ENERGY
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Tenik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme dan Email: jmemme@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License