Pemasaran Politik Bupati Bima Terpilih Pada Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015

Nurfitriani Nurfitriani(1*), Hamrun Hamrun(2), Ahmad Taufik(3),


(1) Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemasaran politik merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam suatu pemilihan karena dapat membantu efektifitas penyusunan produk politik, serta dapat menyampaikan produk politik tersebut secara luas kepada masyarakat. Pemasaran politik akan membawa manfaat baik itu bagi partai politik ataupun kandidat pasangan calon karena dengan adanya pemasaran politik hubungan mereka dengan pemilih akan terbangun dan secara tidak langsung dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang merupakan konsumen politik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif sehingga dapat menjelaskan obyek penelitian di kantor Bupati Bima dan kantor  KPU Kabupaten Bima. Data dan informasi  yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh dari informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung dilokasi penelitian dan wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis melalui reduksi data yaitu merangkum dan fokus pada hal yang penting kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasaran politik yang dilakukan oleh Bupati Bima terpilih belum efektif karena ada beberapa permasalahan yang di anggap sebagai faktor penghambat pada saat melakukan pemasaran politik.


Keywords


Strategi politik, pilkada Kabupaten Bima, komunikasi politik

Full Text:

PDF

References


Afan, G., (2005).” Politik Indonesia Transisi Menuju Demokarsi “. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2000.

Amar, T.M.S., (2016) Konstruksi Pemberitaan Kampanye Pemilihan Walikota Medan Tahun 2015 pada Surat Kabar Analisa, Jurnal Simbolika, 2 (2): 181-187

Arifin, A, (2014). “Politik Pencitraan”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cangara, H., (2016).”Komunikasi Politik edisi revisi”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Firmanzah. (2012). “Marketing Politik antara pemahaman dan realitas edisi revisi” Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

HR, F. S., & Harakan, A. (2017). Eksklusivitas Adat Dalam Bingkai Demokrasi di Indonesia. Jurnal Agregasi, 5(1).

Ichsan, M. F., Hasanuddin, M., & Rahim, S. (2013). Kinerja Komisi Pemiliham Umum Daerah (KPUD) Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2012 di Kabupaten Takalar. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2).

Kaloh, J, (2003). “Kepala daerah, pola, kegiatan, kekuasaan, dan perilaku kepala daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 2013.

Narendra, R. A. (2013). Strategi Komunikasi Politik Pasangan Bambang-Icek Dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Grobogan Tahun 2011. POLITIKA: Jurnal Ilmu Politik, 3(1 apr), 33-46.

Putra, S. (2013). Politik Pencitraan: Madinatul Iman Sebagai Strategi Pemenangan Pasangan Imdaad–Rizal dalam Pilkada Kota Balikpapan 2006 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Santoso, D.H., (2015), Media dan Politik: Pertarungan Ruang & Kuasa Media Menjelang Pemilihan Presiden, Jurnal Simbolika, 1 (1): 1-5

Saputra, M. I. (2014). Marketing Politik Pasangan Kepala Daerah dalam Pemilukada Kota Malang (Studi Kasus Tim Sukses Pemenangan Pasangan Abah Anton dan Sutiaji dalam Pemilukada Kota Malang 2013). Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 250-256.

Suparto, S., Muhammadiah, M., & Rahim, S. (2013). Kinerja Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Luwu Utara dalam Pemutakhiran Data Pemilih Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2013. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2).

Usman, J. (2011). Implementasi Kebijakan Tata Kelola Pemerintahan Daerah Dengan Semangat Euforia Demokrasi Lokal. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Utomo, W. P. (2013). Menimbang Media Sosial dalam Marketing Politik di Indonesia: Belajar dari Jokowi-Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. JSP (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), 17(1), 67-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jppuma.v5i2.1227

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPPUMA: JURNAL ILMU PEMERINTAHAN DAN SOSIAL POLITIK UMA (JOURNAL OF GOVERNANCE AND POLITICAL SOCIAL UMA)
Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma dan Email: jppuma@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN 2549-1660 (Print), ISSN 2550-1305 (Online)