Beragam Peran Media Sosial dalam Dunia Politik di Indonesia
Atika Aisyarahmi Munzir(1),
(1) Universitas Andalas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ambardi, K. (2009). Mengungkap Politik Kartel. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Ardha, B. (2014). Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi. 13 (1): 105-120
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Diunduh di https://apjii.or.id/survei tanggal 30 September 2018
Azed, A.B, (2014). Pilpres di Era Transisi Tahun 1999. Diunduh di http://www.jambiekspres.co.id/berita-18609-pilpres-di-era-transisi-tahun-1999.html./tanggal 20 April 2019.
Budiardjo, M. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Budiardjo, M. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Politik Edisi Revisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Budiatri, A.P. (2018). Personalisasi Partai Politik di Indonesia di Era Reformasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ekawati, E. (2015). “Koalisi Partai Islam di Indonesia pada Pemilihan Presiden dan Andriadi, Fayakhun. (2017). Partisipasi Politik Virtual Demokrasi Netizen di Indonesia. Jakarta: RMBOOKS
Heryanto, G.G. (2018). Media Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD
Heryanto, G.G. (2019). Panggung Komunikasi Politik. Yogyakarta: IRCiSoD Kompas. (2018). Suara Generasi Milenial Sangat Potensial dalam Pemilu. Diunduh di https://nasional.kompas.com/read/2018/05/07/15570811/sua ra- generasi-milineal-sangat- potensial-dalam-pemilu tanggal 10 Oktober 2018
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Pradana, Y. (2017). Peranan Media Sosial Dalam Pengembangan Melek Politik Mahasiswa. Jurnal Civics. 14 (2): 139-145
Ratnamulyani, I.A. & Maksudi, I, Beddy. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar di Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. 20 (2): 154-161
Suharyanto, A. (2016), Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat, Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 6 (2): 123-136.
Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: PT Gramedia
Surbakti, R. (2015). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
We Are Social dan Hootsuite. (2019). Digital 2019: Indonesia. Diunduh di https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia tanggal 18 Februari 2019
Yunus, E. (2013). The Role of Social Media in Creating Political Awareness and Mobilizing Political Protests. Master of Science Thesis. Royal Institute of Technology.
DOI: https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2691
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Universitas Medan Area

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License