Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Camat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Margaretta D. Sitanggang(1*), Suadi Husin(2),


(1) 
(2) UNIMED
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dengan jumlah populasi adalah seluruh anggota kepala keluarga yang ada di Lingkungan V Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 380 kepala keluarga. Maka sampel yang diambil adalah 15% dari jumlah populasi dengan jumlah 57 kepala keluarga. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah melalui observasi, angket dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik sederhana (persentase). Dari hasil penelitian pada tabel-tabel penelitian, dapat disimpulkan yakni pendapat responden terhadap pemerintah kecamatan adalah bahwa pemerintah kecamatan telah menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini terbukti dengan adanya perhatian pemerintah kecamatan dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan meninjau dan menyelidiki secara langsung ke sekolah-sekolah penyaluran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), menyediakan sarana dan prasarana pendidikan seperti: tas, seragam sekolah, buku dan sepatu serta melakukan observasi terhadap kuantitas dan kualitas guru. Jadi, persepsi masyarakat terhadap kinerja pemerintah kecamatan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Lingkungan V Kecamatan Deli Tua sudah cukup baik.


Keywords


Persepsi; Kinerja; Camat; Mutu; Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arcaro, J. S. 2000. Pendidikan Berbasis Mutu. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, S. 2000. Satistik. Jogjakarta: Andi Offset.

Husni, S. 2004. Diktat Ilmu Kewarganegaraan. Medan: UNIMED

Ilyas, Y. 1999. Kinerja : Teori, Penilaian dan penelitian. Jakarta: FKM UI.

Kaloh, J. 2003. Kepala Daerah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Media.

Kartono, K. 1996. Psikologi Umum. Bandung: CV. Mandar Maju

……….1997. Tinjauan Holistik mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Prasnya Paramita

……….2006. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Mujiburrahman, (2011), Hubungan Antara Pendidikan, Motivasi Dan Budaya Kerja Dengan Kinerja Pegawai (Studi Pada Inspektorat Kabupaten Aceh Timur), Jurnal Administrasi Publik, 1 (2):160-169

Nawawi, H. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Rahmadani, A., Irwan N., dan Husni T.N., (2013), Pengaruh

Siagian, S.P. 1995. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Singarimbun, M. dkk. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia dan perubahannnya. Medan: Penabur.

Undang-Undang No. 14 ahun 2005 Tentang guru dan Dosen

Undang-Undang No. 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional

Undang-Undang No. 32. Tahun 2004 Tentang Otonomi Daerah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jppuma.v2i1.581

Article Metrics

Abstract view : 380 times
PDF (Indonesian) - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPPUMA: JURNAL ILMU PEMERINTAHAN DAN SOSIAL POLITIK UMA (JOURNAL OF GOVERNANCE AND POLITICAL SOCIAL UMA)
Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma dan Email: jppuma@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN 2549-1660 (Print), ISSN 2550-1305 (Online)