Peranan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi dalam Peningkatan Pelayanan bagi Masyarakat

Lindawati Lindawati(1*), Adelita Lubis(2),


(1) Program Studi Kepemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area
(2) Program Studi Kepemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


This research was conducted at the office of the Library, Archives and Documentation Deli Serdang regency, which is located at Jalan Mawar office complex Regent of Deli Serdang. The choice of location or object of research is done deliberately with some specific considerations. One consideration is the location chosen was because of the lack of services provided personnel (employees) in the Office of Libraries, Archives and Documentation Deli Serdang that concern for the public interest is reduced. Issues raised in this research are: (1) Lack of library services resulted in low interest of the public to visit the Library, Archives and Documentation Deli Serdang, (2) lack of understanding of library employees, Archives and Documentation Deli Serdang on excellent service, (3) Not a good implementation of the excellent service at the office of the Library, Archives and Documentation Deli Serdang. This study used a qualitative research method, which is used in a study to obtain a qualitatively and will be largely dominated by the words, sentences and descriptions as well as rarely using numerical data, although did not rule out the display tables or graphs to support the completeness of the data. 

Keywords


Library, Archives, Documentation, Excellent Service.

References


Basir B, Manajemen Kearsipan, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Bungin, B. Penelitian Kualitatif.Komunikasi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana. 2008.

Cahyadi, B., dan Abdul K., (2015). Peranan Tata Usaha Bagian Umum Kantor Bupati Deli Serdang dalam Meningkatkan Pelayanan, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1 (1): 14-24.

Cahyadi, B., dan Abdul K., (2015). Peranan Tata Usaha Bagian Umum Kantor Bupati Deli Serdang dalam Meningkatkan Pelayanan, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1 (1): 14-24.

Efridawati dan Anggreini A.L., (2015). Kebijakan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Cipta Karya dan Pertambangan Deli Serdang, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 3 (1): 58-70.

Hatta M, Pengantar Ke Jalan Ilmu Pengetahuan, Mutiara, Jakarta, 2008.

Hermawan, S. Rachma dan Zein, Zulfikar. Etika Kepustakawan; Suatu Pendekatan TerhadapPprofesi dan Kode Etik Pustakawanan Indonesia. Jakarta: Sagung Seto. 2006.

Hidayat, S. dan Irwan N., (2013). Pelayanan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran Pemerintah bagi Masyarakat dalam Mengatasi Musibah Kebakaran, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1 (2): 176-191.

Internet: http/warintek08.wordpress.com, diposkan pada 7 Februari 2012, diakses Maret 2015.

Kartini, K, Pengantar Meteodologi Reserch Sosial, Alumni, Bandung, 2008.

Kasiatik dan Irwan N., (2013). Peranan Kelompok Informasi Masyarakat dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Deli Serdang, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 3 (2): 104-116.

Lubis, A., (2014). Peran Advokat dalam Penegakan Hukum di Organisasi Asosiasi Advokat Indonesia Cabang Medan, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (2): 191-203

Syahraji, Irwan N., (2013). Sistem Administrasi Pelayanan E-KTP di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh tengah, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 1 (1): 16-20

Efridawati, M. Arif N., (2013). Studi Kebijakan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 1 (1): 27-37

Sukamma, L.E., dan Abdul M., (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Madala Medan, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 2 (1): 1-7

Sari, R.P., & Irwan N., (2014). Peran Model Pelayanan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 2 (2): 137-145

Nasution, F.R., dan Abdul M., (2015). Evaluasi Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat UPT Pangkalan Brandan, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 3 (1): 1-7

Mustafa, M.S.,(2015). Kinerja Aparat Kantor Camat Memberikan Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Di Kecamatan Blangpidie Aceh Barat Daya, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 3 (1): 40-53

Lubis, M.C., & Usman T., (2015). Reformasi Pelayanan Pajak Kenderaan Bermotor (PKB), Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 3 (2): 145-154

Sari, P., & Bahrum J., (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan TerhadapKepuasan Anggota Perpustakaan Kota Medan, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 4 (1): 1-15

Waruwu, H., & Beby M., (2016). Efektivitas Pelayanan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 4 (1): 43-51

Suryani, A.I., & Agung S., (2016). Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas, Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 4 (1):

Maulana H M, Administrasi Kearsipan, Bratara Karya Aksara, Jakarta, 2002.

Miles, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia, 1992.

Moeleong L J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosdakarya, Bandung, 1990, 2000.

Moenir, H.A.S. Manajemen Pelayanan Umum. Bumi aksara: Jakarta, 2000.

Mulyono. S dkk., Dasar-dasar Kearsipan. Yogyakarta,2000.

Musa M, Titi N, Metode Penelitian, CV. Fajar Agung, Jakarta, 1998.

Nasution, F.R. dan Rudi S.S., (2014). Evaluasi Kinerja Pegawai Kantor Samsat dalam Pelayanan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 2 (1): 1-17.

Prajudi A, S., Dasar-dasar Ilmu Administrasi, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2008.

Purwono; Sri S. Perpustakaan dan Kepustakawan Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006.

Simamora, A.H., dan Trisni A., (2015). Peranan Organisasi Al Jamiatul Wasliyah Cabang Tanah Karo Tahun 1938-1967. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 3 (2): 127-142.

Sulistyo-B. Pengatar ilmu perpustakaan. Jakarta: penerbit PT Gramedia pustaka Utama.1991.

Sutopo, Adi S. Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Admistrasi Negara. 2006.

Tjiptono, F. Service Management Memujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: 2008.

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. (2009). Dikutip 4 Desember 2014, dari http;//www.litbang.depkes.go.id.

Widanigsih, dan Samsul R. Modul Melaksanakan Pelayanan Prima. Bandung: Erlangga. 2011.

Winarno S, Pengantar Penelitian Ilmiah, Tarsito, Bandung, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/jppuma.v4i1.893

Article Metrics

Abstract view : 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPPUMA: JURNAL ILMU PEMERINTAHAN DAN SOSIAL POLITIK UMA (JOURNAL OF GOVERNANCE AND POLITICAL SOCIAL UMA)
Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma dan Email: jppuma@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN 2549-1660 (Print), ISSN 2550-1305 (Online)