Analisis Rasio Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia


Ilham Ramadhan Nasution(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Para kreditur dan pemegang saham seringkali tertarik melihat besarnya Return On
Equity(ROE) suatu perusahaan untuk mengetahui kemampuan perusahaan atas modal yang
telah ditanamkan dalam perusahaan. Salah satu cara untuk memprediksi ROE adalah dengan
menggunakan rasio keuangan, yaitu rasio leverage. Penelitian ini difokuskan pada Debt Ratio
(DR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Long Term Debt to Equity Ratio (LTDER).Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah DR,DER, dan LTDER secara parsial dan
simultan terhadap ROE. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan otomotif dan komponennya
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Metode penelitian dalam skripsiini adalah dengan
menggunakan desain kausal. Penelitian dilakukan untuk periode 2010-2014. Jenis data yang
digunakan adalah data sekunder. Data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Data
yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahulu
dilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujian
hipotesis dalam penelitian ini menggunkan regresi berganda dengan uji f dan uji t pada level
signifikansi 5% (α=0,05).Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa DR berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap ROE. Dan secara simultan DR,DERdan LTDER berpengaruh
signifikan baik terhadap ROE.
Kata kunci : Debt Ratio (DR), Debt to Equity Ratio (DER), Long Term Debt to Equity
Ratio (LTDER), dan Return on Equity (ROE).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31289/jab.v2i2.244

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 370 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL AKUNTASI DAN BISNIS

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi


Accounting Study Program, Faculty of Economics and Bussiness, Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License