PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CARREFOUR CITRA GARDEN MEDAN


Sri Hartini Sihaloho(1*), Amrin Mulia Utama(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Periklanan, promosi penjualan dan
Penjualan tatap muka terhadap keputusan pemebelian konsumen pada Carrefour Citra Garden
Medan.Jenis penelitian ini deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai
variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau
menghubungkan dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1500 orang,
dengan menggunakan rumus slovin yang di jadikan responden berjumlahh 94 orang. Hasil
penelitian dalam penelitian ini pada uji t periklanan dengan nilai thitung> ttabel (9,487 >1,661),
kemudian variabel promosi penjualaan diperoleh thitung> ttabel (3,676>1,661) dan kemudian
variabel penjualan tatap muka diperoleh thitung> ttabel (4,713>1,661)Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa variabel variabel periklanan, promosi penjualan dan penjualan tatap muka
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada
Carrefour Citra Garden Medan. nilai Fhitung>Ftabel (64,067>3.10) dengan hipotesis Ho ditolak
dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan dan
penjualan tatap muka secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Carrefour Citra Garden Medan. Koefisien determinasi 

(KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 67,0%. Angka tersebut menunjukkan bahwa
sebesar 67,0 % keputusan pembelian (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh variabel periklanan,
promosi penjualan, penjualan tatap muka. Sisanya sebesar 33,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini
Kata Kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka, Keputusan
Pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31289/jab.v2i2.249

Article Metrics

Abstract view : 291 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL AKUNTASI DAN BISNIS

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi


Accounting Study Program, Faculty of Economics and Bussiness, Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License