FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK REKLAME KOTA MEDAN


Mery Silvia Lumbanbatu(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

 Dinas pertamanan merupakan Unsur pelaksana pemerintah Kota Medan dalam bidang pertamanan yang dipimpin oleh seorang kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala daerah melalui sekretaris Daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh jumlah penduduk, jumlah Perusahaan, dan PDRB terhadap penerimaan pajak reklame Kota Medan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ststistik infrensial dengan rumus analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh jawaban bahwa jumlah penduduk (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak reklame dilihat dari nilai t hitung 5,304>t tabel 1,812 atau Ha1 diterima. Jumlah Perusahaan (X2) secara parsial  tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame dilihat dari t hitung 0,034 <1,812 atau Ha2 ditolak. Dan PDRB(X3) secara parsial  tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame dilihat dari t hitung 0,083<1,812 atau Ha3 ditolak.variabel jumlah penduduk,jumlah Perusahaan, PDRB secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak reklame kota medan.

Katakunci: Pajak reklame, PDRB, Jumlah Perusahaan.

 

ABSTRACT

 

Office gardening government is implementing elements of Medan in the field of gardening, led by a chief who is under the Department and is responsible to the Head of the region through regional secretary. The purpose of this study was to determine the influence of the total population, the number of the Company, and the GDP of the advertisement tax acceptance of Medan. Source of data used in this research is secondary data. Data collection techniques used in this study were interviews and documentation. The data analysis technique used in this study is ststistik infrensial with multiple linear regression analysis formula. Based on the results of this study showed that the number of answers (X1)  partially significant effect on tax revenue from advertising seen t value 5.304> 1.812 t table or Ha1 accepted. Total Company (X2) partially no effect on tax revenue billboard seen from t 0.034 <1.812 or Ha2 rejected. And GDP (X3) partially no effect on tax revenue billboard  seen from t 0.083 <1.812 or HA3 ditolak.variabel population, the number of the Company, GDP simultaneously significant effect on the billboard tax revenue the city field.
Keywords: advertisement tax, GDP, Total Company.

 


Full Text:

pdf


DOI: https://doi.org/10.31289/jab.v1i1.99

Article Metrics

Abstract view : 302 times
pdf - 346 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL AKUNTASI DAN BISNIS

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS: Jurnal Program Studi Akuntansi


Accounting Study Program, Faculty of Economics and Bussiness, Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International Public License