PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN FRANCHISE

Henry D Sitompul(1*), Syaparudin Syaparudin(2), Ferri Aries Suranta(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Sistem yang sedang popular dan cenderung diminati oleh wirausahawan adalah cara berbisnis menngunakan sistem franchise atau yang lebih dikenal dengan pemberian waralaba. Sistem franchise sebagai model pengembangan kemitraan bisnis telah membuktikan keberadaannya dalam perekonomian nasional karena menawarkan segudang peluang yang sangat besar kepada calon wirausahawan untuk memiliki dan mengembangkan usahanya dengan rasio keberhasilan yang tinggi. Kepastian hukum di dalam menerapkan sistem franchise di Indonesia adalah sebagai salah satu cara untuk memajukan bisnis wirausahawan merupakan hal yang mutlak, oleh karena itu segala hal mengenai konsep, format, proses dan produk franchise tidak boleh luput atau terlepas dari aturan-aturan serta hukum yang berlaku di Indonesia. Sebelum dikeluarkannya PP Nomor 16 Tahun 1997. Selanjutnya untuk melaksanakan pendaftaran pada tanggal 30 Juli 1997 Menteri Perindustrian dan perdagangan telah mengeluarkan Kepmenperindag Nomor 259/MPP/Kep/7/1997 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pendaftaran Waralaba. 


Keywords


Franchise;Franchisor;Franchisee;Perjanjian

Full Text:

PDF

References


Zimmerer, W.T. 2004. Norman M. Searborough. Pengantar Kewirausahawan dan Manajemen Bisnis Kecil (Essential of Entreprencurship and small Business Management). Diterjemahkan oleh alih bahasa Yanto Sidik Pratiknyo. Edina dan Tjahyaningsih Tarmidzi. Indeks Kelompok Gramedia.

Keegen, W.J. 1989. Global marketing Management. Prentice Hall International. New York.

Muharram, S. 2005. Aspek Legal Waralaba di Indonesia. Jakarta: Rajawali.

Sewu. P.L. 2004. Franchise Pola Bisnis Spekatakuler Dalam Perspektif Hukum dan Ekonomi. Bandung: Utomo.

Kristianto, N. 2003. Suara Pembaharuan.

Kertawacana, S. 2005. Waralaba dan Persaingan Usaha. Bisnis Indonesia.

Subekti. R. 1996. Pokok-Pokok Hukum Perdata. Jakarta: Internusa.

Sumarji, J. 1995. Aspek Hukum Franchise dan Perusahaan Transnasional. Bandung: Citra Aditya Bakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/mercatoria.v3i2.603

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 JURNAL MERCATORIA
Program Studi Magister Hukum, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/mercatoria dan Email: mercatoria@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License