PUNISHMENT DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN TINDAK PIDANA KEKERASAN

Marlina Marlina(1*),


(1) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang guru harus memiliki tanggung jawab dalam menjalankan tugasnya, yakni mengkondisikan agar pekerjaannya berhasil secara efektif dan efisien. Guru yang profesional akan mengambil tindakan yang tepat untuk melaksanakan dan menjalankan perannya tersebut. Menghadapi perkembangan teknologi dan pengaruh globalisasi proses pendidikan hari ini menuntut guru harus lebih berhati-hati dan terus mengembangkan ilmu pengetahuannya agar dapat menjalankan tugas dan perannya tersebut. Salah satu hal delematis yang di hadapi oleh guru pada saat ini adalah adanya ketakutan untuk melakukan punishment terhadap siswa-siswa yang melakukan tindakan salah dan tidak sesuai dengan aturan dan tata tertib yang ada di sekolah. Hukuman tersebut pada dasarnya ditujukan agar siswa menjadi jera dan sadar akan kesalahannya, serta tidak akan mengulangi kesalahannya dikemudian hari. Akan tetapi, hukuman yang diberikan kepada anak juga dapat menjurus kepada tindak pidana kekerasanterhadapanak. Sehingga, guru harus memberikan punishment sesuai dengan tujuan pendidikan dan bukan untuk tujuan kekerasan.


Keywords


Punishment, Pendidikan, Tindak Pidana Kekerasan.

Full Text:

PDF

References


Chazawi, A., 2010, Pelajaran Hukum Pidana Bagian I, Rajawali Press, Jakarta

Departemen Pendidikan Indonesia, 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, edisi ke-3, Jakarta

Hamzah, A., 2008, Asas-Asas Hukum Pidana, edisi revisi 2008, Rineka Cipta, Jakarta

Huraerah, A., 2007, Child Abuse (Kekerasan Terhadap Anak), Nuansa, Bandung

Kansil, C.S. T., Et. Al, 2009, Tindak Pidana Dalam perundang-undangan Indonesia, Permata Aksara, Jakarta

Lamintang, P.A.F., 1997, Dasar-Dasar Hukum Pidana Indonesia, Citra Aditya Bakti, Bandung

Manik, S.Z., 1999, Kekerasan Terhadap Anak dalam Wacana dan Realita, Pusat Kajian dan Perlindungan Anak, Medan

Mulyadi, M., 2008, Criminal policy: pendekatan integral penal polici dan non penal policy dalam penangggulangan kejahatan kekerasan, Pustaka Bangsa Press, Medan

Remmelink, J., 2003, Hukum Pidana: Komentar atas Pasal-Pasal Terpenting dari Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Belanda dan Padanannya dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sanjaya, W., 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Kencana Prenada Media Group, Cetakan Pertama, Jakarta

Soesilo, R, 1994, Kitab UU Hukum Pidana, serta komentar Lengkap Pasal demi Pasal , Politeia, Bogor

Surya, M., 2013, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi ari Guru untuk Guru, Penerbit Alfabeta, Bandung

Musa, J.H., Memahami Prinsip “Punishment and Reward” dalam Pendidikan, diakses 3 desember 2013,http//julhasratman.blogspot.com/2013/01/memahami-prinsip-punish-and-reward.htm.

Yanuar, Jenis-jenis hukuman yang edukatif untuk anak SD, Diva press, Yogyakarta, 2012

Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/mercatoria.v7i1.659

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 JURNAL MERCATORIA
Program Studi Magister Hukum, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/mercatoria dan Email: mercatoria@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License