PEMBONCENGAN REPUTASI (PASSING OFF) TERHADAP PEMILIK MEREK TERDAFTAR DI INDONESIA DITINJAU DARI SEGI PERLINDUNGAN HUKUM

Aurora Quintina(1*), Syafaruddin Syafaruddin(2), Elvi Zahara(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era globalisasi seperti saat ini, setiap individu pastinya tidak luput dari penggunaan merek.  Sejauh ini, banyak sekali definisi mengenai merek, tergantung pada pola pikir dan latar belakang pendidikan pendefinisi merek tersebut. Definisi sederhana mengenai merek, bahwa merek dihubungkan dengan identifikasi sebuah produk dan yang membedakan merek tersebut adalah bentuk pemakaiannya, logo spesifik, desain khusus, tanda, dan simbol visual lainnya.  Derfinisi.  Di Indonesia, definisi merek dapat kita lihat dari Undang-Undang Merek Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek, yang mengatakan bahwa “tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya beda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa”. Selain telah memproduk Undang-Undang yang berkaitan dengan merek, Indonesiajuga sadar akan perlindungan atas Merek secara khusus dan Hak Kekayaan Intelektual secara umum.  Kesadaran ini dilihat dari partisipasi Indonesiadalam meratifikasi beberapa konvensi internasional mengenai Hak Kekayaan Intelektual, antara lain Paris Convention, WTO dengan TRIPs nya dan Trade Mark Law Treaty. Namun walau telah aktif berpartisipasi dalam beberapa konvensi internasional dalam Hak Kekayaan Intelektual dan sudah beberapa kali memperbaharui Undang-Undang yang berkaitan dengan merek, masih saja banyak terjadi pelanggaran Merek di Indonesia.


Keywords


Pemboncengan Reputasi (Passing Off);Merek Terdaftar;Perlindungan Hukum

Full Text:

PDF

References


Bainbridge, I David, Intellectual Property,4th edition London:Pitman Publishing, 1999.

Casavera, 15 Kasus Sengketa Merek di Indonesia, Jogjakarta:Graha Ilmu, 2009.

“Choosing and Protecting your Brand” diambil dari http://www.out-law.com/page-5541, diakses tanggal 25 Juni 2009.

Dirdjosisworo, Soedjono, Antisipasi Terhadap Bisnis Curang (Pengalaman Negara Maju dalam Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dan Pengaturan E-Commerce serta Penyesuaian Undang-Undang HKI Indonesia, Bandung: CV Utomo, 2005.

Djubaedilah, R, Muhammad Djumhana, Hak Milik Intelektual Sejarah, Teori dan Prakteknya di Indonesia, Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2003.

Djumhana, Muhammad, Perkembangan Doktrin dan Teori Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, Bandung : PT Citra Aditya Bakti, 2006.

Gautama, Sudargo, Hukum Merek Indonesia, Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 1993.

------------------------, Rizawanto Winata, Pembaharuan Hukum Merek di Indonesia (Dalam rangka WTO, TRIPS), Bandung:Citra Aditya Bakti, 1997.

Lindsey, Tim, Hak Kekayaan Intelektual (suatu Pengantar), Bandung:PT ALUMNI, 2006.

Pangaribuan S, Emmy, Analisis Hukum Ekonomi terhadap Hukum Persaingan, Yogyakarta:Makalah pada FH UGM,1999.

Richardson, Megan, Sam Ricketson, Intellectual Property:Cases, Materials and Commentary, 2nd Editian, Sidney : Butterworths, 1998.

Risang Ayu, Miranda, Memperbincangkan Hak Kekayaan Intelektual Indikasi Geografis, Bandung:PT. Alumni Bandung, 2006

Rooseno, Amalia, kumpulan lokakarya Terbatas Masalah-masalah kepailitan dan Wawasan Hukum Bisnis lainnya: Aspek Hukum tentang Merek Jakarta: Pusat Pengkajian Hukum, 10-11 Februari 2004

Saidin, H, OK, Aspek Hukum Hak Kekayaan Intelektual, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2004.

Soekardono, Hukum Dagang Indonesia Jilid 1 Bagian Pertama,Jakarta:UI Press, 1983.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/mercatoria.v2i1.668

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 JURNAL MERCATORIA
Program Studi Magister Hukum, Pascasarjana Universitas Medan Area
Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112 http://ojs.uma.ac.id/index.php/mercatoria dan Email: mercatoria@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License