Pandemi Covid-19 yang telah terjadi beberapa bulan terakhir berdampak terhadap pembelajaran siswa yang awalnya diselenggaran secara luring menjadi daring. Sebagai langkah antisipasi, pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai pengelelola situs belajar daring agar memberikan akses gratis kepada siswa. Akan tetapi kompensasi akses pada sumber-sumber belajar online ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal . Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mensosialisasikan pemanfaatan media pembelajaran online untuk meningkatkan pembelajaran mandiri di masa new normal. Pengabdian ini dilakukan kepada anak-anak di Panti Asuhan Yayasan Talenta Delpita Medan. Adapun metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu 1) persiapan; 2) kegiatan sosialisasi; dan 3) evaluasi. Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi, pengabdian kepada masyarakt ini mampu memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada anak. Pemanfaatan media belajar online juga meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar anak. Selain itu, motivasi anak untuk belajar secara mandiri juga meningkat dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di internet.
Batang, N. (2016). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMTK Long Bia Kecamatan Peso Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. Diakses dari https://repository.sttjaffray.ac.id/publications/269438/pengaruh-penggunaan-internet-sebagai-sumber-belajar-terhadap-motivasi-belajar-si
Dabbagh, N. and Ritland. B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Ohio: Pearson.
Djamarah, S.B. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2007). Acuan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Program PaketABC. Pendidikan Kesetaraan Paket ABC, Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Jakarta: Depdiknas.
Hayati, Q. (2017). Peran panti asuhan dalam menunjang pendidikan formal anak asuh. Diakses dari https://lib.unnes.ac.id/32048/1/3401413134.pdf
Khoirunnisa, S., Ishartono, Resnawaty, R. (2015).Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh di Panti Sosial Asuhan Anak. Diakses http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/download/13258/6098
Kemdikbud. (2020). Kemdikbud gandeng swasta siapkan sistem belajar daring. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-sistem-belajar-daring
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., Putri, R.S. (2020). Studi eksplorasi dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Sherlyanita, A.K. & Rakhmawati, N.A. (2016) Pengaruh dan pola aktivitas penggunaan internet serta media sosial pada siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-gandeng-swasta-siapkan-sistem-belajar-daring
Winayuh, A.I. (6 April 2020). Belajar di rumah, Kenapa Tidak?Media Indonesia. Diakses darihttps://mediaindonesia.com/read/detail/301510-belajar-di-rumah-kenapa-tidak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: