Reformasi Pelayanan Pajak Kenderaan Bermotor (PKB) Pada SAMSAT Medan Utara Kota Medan


M. Chairuzar Lubis(1*), Usman Tarigan(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengatasi hambatan dalam konteks reformasi pelayanan, telah dilakukan pembinaan personil agar mereka mampu melaksanakan tugas-tugas UPT/SAMSAT Medan Utara yang semakin dinamis. Kesimpulan dapat dikemukakan, UPT/SAMSAT Medan Utara telah melakukan reformasi dengan cara; membuka pelayanan PKB melalui Bus SAMSAT Keliling, membayarpajakdengansistim online, SAMSAT Drive True, mengoperasikan SAMSAT Corner di Pusat perbelanjaan, menyederhanakan system pembayaran pajak dan membatasi ruang gerak calo. Pergerakan calo belum seluruhnya dapat diantisipasi sehingga masih menjadi tantangan untuk melakukan reformasi, demikian juga dengan perluasan pelayanan baik dengan Bus SAMSAT keliling maupun SAMSAT Corner, belum seluruhnya permintaan masyarakat dapatdipenuhi.

Keywords


Reformasi; Pelayanan PKB

Full Text:

PDF

References


Abdul, Wahab, Solichin, 1998, Reformasi Pelayanan Publik menuju Sistem Pelayanan yang responsif dan berkualitas, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya.

Abidin, Zainal, Said, 2002, Dinamika reformasi dan revitalisasi Administrasi Publik di Indonesia, Suara Bebas: jakarta.

Agung, Kurniawan, 2005, Transpormasi Pelayanan Publik, Pembaharuan: Yogjakarta.

Brotodihardjo, Santoso, 1991, Pengantar Ilmu Hukum, Ersco: Bandung

Daryanto, S.S, 1997, Kamus Bahasa Indonesia lengkap, Apollo: Surabaya.

Dwiyanto, Agus, dkk, 2002, Reformasi Pelayanan Publik di Indonesia, Yogjakarta : Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM

Hikam, Muhammad, AS, 1999, Politik Kewarganegaraan, Erlangga: Yogyakarta

Mardiasmo, 1999, Implikasi Reformasi Pajak 2000 terhadap Pelaksanaan Otonomi Daerah dan Desentralisasi Fiskal, Yogjakarta.

Poerwadarminta, W.J.S, 2004, Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka: Jakarta

Ratminto & Atik Septi Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar: Yogjakarta.

Supriatna, Tjahya, 2000, Akuntabilitas Pemerintahan Dalam Administrasi Publik, Indra Prahasta: Bandung.

Tjandra, WR, 2004, Peningkatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik, PT Pembaharuan: Yogjakarta

Thoha, Miftah, 2009, Birokrasi Pemerintah Indonesia di Era Reformasi, Kencana Prenada Group: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v3i2.1019

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.