Model Pelayanan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat

Restu Purnama Sari(1*), Irwan Nasution(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang sangat penting untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu pengelolaan pajak harus dilakukan secara seksama dengan meningkatkan serta seluruh lapisan masyarakat dan dari aparat pajak itu sendiri. Namun saat ini masih banyak wajib pajak yang tidak membayar pajak penghasilan mereka. Dikarenakan kurangnya pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pajak. Sementara undang-undang mengharuskan mereka membayar pajak. Untuk itu diperlukan suatu cara agar para wajib pajak mau membayar pajak dan menyadari bahwa pajak sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu bangsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisa kualitatif dimana data diperoleh dari wawancara dan observasi serta dokumen lainnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa telah dilakukan upaya sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan melakukan penyuluhan, seminar maupun iklan

Keywords


Pelayanan; PPh orang pribadi; Wajib Pajak

Full Text:

PDF PDF

References


Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung : Alfabeth

Arikunto, Suharsimi. 2009. Kebijakan Publik. Jakarta : Pancur Siwah

Azmiati, 2008. Sistem Pelayanan Terpadu Terhadap Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Medan Barat. Skripsi Universitas Medan area

Atik, Septini Winarsih & Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar : Yogyakarta

Baliawati, dkk. 2004. Pengantar Pangan dan Gizi. Jakarta : Penebar Swadaya

Basri, Faisal. 2007. Perekonomian Indonesia. Jogjakarta : PT. Glora Aksara Pratama

Charles George, 2006. Pendekatan Masalah Implementasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Edi, Suharto. 2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia. Bandung : Alfabeta

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya, CV. Mandar Maju : Bandung

Moleong, J, L.2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Riduwan, 2007, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung : alfabeta

Sugiyono,2011 Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : alfabeta

Waluyo, dan Wirawan B Ilyas, 2002. Perpajakan Indonesia Buku 1, Salemba Empat : Jakarta

Moenir, HAS, 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara : Jakarta

Miles, M, B. dan Hamberman, A. M, 1992 Analisis Kualitatif. Penerjemah Tjeptjep Rohendi. Jakarta

Sugiono 2002. Metode Penelitian Administrasi. Rineka Cipta. Jakarta

Moleong, J. Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Noor, Arifin. 2007. Ilmu Sosial Dasar. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Nugroho, Riant D. 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta:

Razak, Amran. 2008. Dsar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : Adil Media

Subarsono, M.Si., MA. 2010. Analisa Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Suharto, Edi. 2005. Analisis Kebijakan Publik.Yogyakart : Pustaka Belajar




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/publika.v2i2.1412

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF - 8 times PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.