HUBUNGAN IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) BERDASARKAN PERATIRAN MENTERI PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NOMOR 35 TAHUN 2012 TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR REGIONAL VI BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA

Siti Rahayu, Marlon Sihombing, Siti Mardiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi standar operasional prosedur terhadap kepuasan pelanggan pada kantor regional VI Badan Kepegawaian Negara, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pelaksanaan standart dalam menyelesaikan pekerjaan dikarenakan antara lain (1) Kurangnya pemahaman mengenai SOP yang diterapkan oleh Kanreg VI BKN bahwa penyelesaian pekerjaan sudah ada ukuran waktu penyelesaian, tetapi karena keterbatasan waktu penyampaian berkas dan penyelesaian pekerjaan yang tidak cukup waktu yang telah ditetapkan, sehingga sering terjadi pelanggan merasa tidak dilayani  dengan baik, (2) Tidak konsisten dalam menjalankan SOP. Konsisten adalah masalah disiplin dan moral. Konsisten membutuhan kemauan yang kuat untuk terus menerus taat terhadap semua aturan yang tertuang dalam SOP (disiplin). Konsisten juga membutuhkan sikap mental bahwa menjalankan persyaratan SOP pada prinsipnya adalah menjalankan nilai-nilai baik dalam bekerja atau dalam bisnis (moral).Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif Korelasi Product Moment dengan simpangan dengan responden sebanyak 30 responden. Dari hasil penelitian  diketahui bahwa Terdapat korelasi yang positif sebesar 0.743 antara Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP)  berdasarkan Permenpan No.35 tahun 2012 terhadap Kepuasan Pelanggan di Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Medan, Korelasi diperoleh nilai probabilitas variabel Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP)  dengan Kepuasan Pelanggan pada Kantor Regional VI Badan Kepegawaian sebesar 0,0743>0,0376. Dengan demikian hasil Hipotesis adalah H0 ≠ 0, Ha diterima atau korelasi Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP)  dengan Kepuasan Pelanggan pada Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara sangat signifikan.


Keywords


Implementation, Operational Service Standard, Komunikas, Pelanggan, Pelayanan

References


Ainur Rahman dkk. 2009. Politik, Partisipasi dan Demokrasi dalam Pembangunan. Malang: Averroes Press

Edmund M, Burke, 2004 Sebuah Pendekatan Partisipasi Dalam Perencanaan Kota : Yayasan Sugijanto Soegijoko

Hamdi, Muchlis. 2014. Kebijakan Publik: Proses, Analisis, dan Partisipasi, Jakarta : Ghalia Indonesia

HAW. Widjaja, 2002. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Kriyantono, Rachmat, 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Karianga, Hendra, 2011. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah: Perspektif Hukum dan Demokrasi, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Kountor, D.M.S, Ronny, 2003 Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi & Tesis : PPM

Moleong, Lexy J, 2002. Meteodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyana, Dedy, 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Nasution, Zulkarnaen, 2012. Solidaritas Sosial Masyarakat Transisi, Padang : UNP Press

Setiady, Elly, 2007. Ilmu Sosial Budaya & Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sjafrizal, 2004. Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi, Jakarta : PT RajaGravindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.