ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN SEKOLAH FILIAL BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK PALEMBANG

Ade Afrilia Ardinda(1*), Roy Valiant Salomo(2),


(1) University of Indonesia
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

 

            Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyelenggaraan pembinaan anak didik pemasyarakatan yang berbasis pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Palembang. Kebijakan publik yang diimplementasikan kepada masyarakat merupakan salah satu minat dan perhatian dalam Administrasi Publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivis dan metode kualitatif untuk menjelaskan mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyelenggaraan pembinaan anak didik pemasyarakatan yang berbasis pendidikan yang dilakukan di LPKA Palembang dengan melihat aspek konten dan konteks sebagai suatu kebijakan. Dengan melihat permasalahan ini, peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dari Merilee S Grindle  untuk mendukung proses analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyelenggaraan pembinaan anak didik pemasyarakatan yang berbasis pendidikan di LPKA Palembang.

            Ketika anak berhadapan dengan hukum, anak harus diposisikan sesuai dengan Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak. Anak yang berhadapan dengan hukum bukan sepenuhnya salah pada diri anak, namun kemungkinan masih lemahnya kontrol sosial dari agen sosialisasi yang menyebabkan anak melakukan penyimpangan. Pelaksanaan program pembinaan yang ada masih belum sesuai dengan kebutuhan anak didik pemasyarakatan serta kurang memberikan manfaat yang mereka harapkan. Sehingga, anak didik pemasyarakatan kehilangan minat untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh LPKA. Hal ini menunjukkan bahwa ada hal yang luput dari perhatian pihak LPKA terkait dengan proses pembinaan bagi anak didik pemasyarakatan. Hasil diskusi menunjukkan kendala-kendala penyelenggaraan pembinaan anak berbasis pendidikan antara lain kendala fasilitatif yang berupa kondisi bangunan dan sarana penunjang pelaksanaan pendidikan, anggaran, peserta didik (anak didik pemasyarakatan), serta standar penyelenggaraan pendidikan. Kebijakan publik tidak cukup dengan peraturan dan Undang-Undang tetapi harus melihat dan menganalisis implementasi kebijakan yang ada di lapangan.

Kata Kunci: Sekolah Filial, Anak Didik Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Implementasi Kebijakan Merilee S Grindle, Sistem Peradilan Pidana Anak.

 


Keywords


Sekolah Filial, Anak Didik Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Implementasi Kebijakan Merilee S Grindle, Sistem Peradilan Pidana Anak

Full Text:

PDF

References


Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in the Third World. Princeton University Press. Princeton: New Jersey.

L.P. Sinambela. 2008. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Prakoso, Abintoro. 2013. Kriminologi dan Hukum Pidana. Yogyakarta: Laksbang Grafika.

Gunakarya, A. Widiada. 1988. Sejarah dan Konsepsi Pemasyarakatan. Armico: Bandung.

Yuliyanto & Yul Ernis. 2016. Lembaga Pembinaan Khusus Anak dalam Perspektif Sistem Peradilan Pidana Anak. Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Jakarta: Percetakan Pohon Cahaya. Cetakan Pertama – Desember 2016.

Aprilianda, Nurini. 2014. Laporan Akhir Pengkajian Hukum tentang Model Pembinaan Anak berbasis Pendidikan Layak Anak dalam Sistem Pemasyarakatan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Simanjuntak, Nofitri Anna Maria. 2009. Kualitas Pelayanan Kunjungan bagi Keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang-Banten. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Departemen Ilmu Administrasi Program Pascasarjana.

Yatiman. 2005. Penyelenggaraan Pendidikan Formal di Lembaga Pemasyarakatan Anak (Studi Kasus di Lapas Anak Pria Tangerang). Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional Kekhususan Kajian Strategik Ketahanan Nasional Universitas Indonesia.

Muh. Mehdi. 2008. Analisis Perubahan Organisasi Melalui Analisis SWOT (Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Cipinang). Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Oktafiansyah, Medi. 2009. Analisis Implementasi Kebijakan Bebas Peredaran Uang (BPU) di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Salemba. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Departemen Ilmu Administrasi Program Pascasarjana.

Meikhurniawati, Atiek. 2009. Implementasi Kebijakan Optimalisasi Pembebasan Bersyarat bagi Narapidana di Lapas Klas I Cipinang Jakarta. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Departemen Ilmu Administrasi Program Pascasarjana.

Sudaryati. 2007. Pemenuhan Hak Perawatan Rohani dan Jasmani bagi Anak Didik untuk Mewujudkan Lapas Anak yang “Ramah Anak” (Studi Kasus Lapas Anak Wanita Tangerang). Program Studi Pengkajian Ketahanan Nasional Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Kumalasari, Ratna. 2005. Meningkatkan Kemampuan Petugas Pemasyarakatan dalam Memotivasi Belajar Anak Didik di Lapas Anak Pria Tangerang. Program Studi Psikologi Terapan Kekhususan Psikologi Kriminal Universitas Indonesia.

Veriati, Acik. 2007. Rancangan Modul Analisis Kemampuan Psikososial Remaja di LAPAS Anak Pria Tangerang. Program Studi Psikologi Terapan Kekhususan Psikologi Kriminal Universitas Indonesia.

Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor: M.02-PK04.10. Tahun 1990 tentang Pola Pembinaan Narapidana/Tahanan Menteri Kehakiman Republik Indonesia. Diakses melalui website: http://icjr.or.id/peraturan-pemerintah/ (diakses pada hari Minggu, 18 Maret 2018 pukul 13.25).

Alex Noerdin: Sekolah Filial Terobosan Luar Biasa. Diakses melalui website: http://pemprovsumsel.tribunnews.com/2016/08/22/alex-noerdin-sekolahfilial-terobosan-luar-biasa (diakses pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 pukul 11.30).

Abdullah, Yudi. 2017. Lapas Anak Palembang Sediakan Sekolah Filial SD-SMA. Diakses melalui website: https://sumsel.antaranews.com/berita/312106/lapas-anak-palembang-sediakansekolahfilial-sd-sma (diakses pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 pukul 11.44).

Aprilianda, Nurini. 2014. Laporan Akhir Pengkajian Hukum tentang Model Pembinaan Anak berbasis Pendidikan Layak Anak dalam Sistem Pemasyarakatan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Diakses melalui website: www.bphn.go.id https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b d&ei=WeNJXPmG8imwgPL45yoDQ&q=Kendalakendala+Penyelenggaraan+Pembinaan+Anak+berbasis+pendidikan+bphn.go.id&oq= (diakses pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 pukul 11.57).

Lapas Anak Palembang Minim Fasilitas Pendidikan. 13 Maret 2015. Diakses melalui website: https://skalanews.com/berita/nasional/daerah/213119-lapas-anak-palembang-minim-fasilitas-pendidikan (diakses pada hari Minggu, 18 Maret 2018 pukul 15.11).




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/publika.v7i1.2465

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.