Reformasi Birokrasi dalam Layanan Kesehatan: 112 Program Pusat Panggilan di Kota Pare-Pare
Srifatmawati Ahmda(1), Muhammad Azizi(2), Yusriadi Yusriadi(3), Akmal Umar(4), Abdul Sahid(5),
(1) Universitas Tomakaka
(2) Universitas Tomakaka
(3) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung
(4) STIA Yappi Makassar
(5) STIA Yappi Makassar
Abstract
Reformasi birokrasi adalah upaya untuk memperbarui sistem pemerintahan. Salah satu bentuk reformasi birokrasi adalah layanan kesehatan sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, lokasi penelitian di Kota Pare-pare, informan dalam penelitian ini adalah delapan orang, yaitu empat pengguna layanan dan empat penyedia layanan, dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari program Call Center 112 di Kota Pare-pare menunjukkan bahwa implementasi program telah diimplementasikan dengan baik, inovasi dalam proses menyediakan layanan kesehatan terintegrasi kepada masyarakat menawarkan cara layanan baru, akses mudah ke layanan dengan menelepon langsung ke nomor 112 dengan layanan 24 jam selama tujuh hari. Konsep dalam program ini telah menyentuh masyarakat Kota Pare-pare dengan layanan kesehatan berkelanjutan dan mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awaluddin, A., Siraj, M. L., & Yusriadi. (2019). The Effectiveness Of The Implementation Of Independent Community Empowerment Programs In Bone District. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8), 352–354.
BPS. (2016). Jumlah Penduduk Kota Parepare Menurut Jenis Kelamin, 2012-2016. Retrieved from https://pareparekota.bps.go.id/dynamictable/2017/11/23/24/jumlah-penduduk-kota-parepare-menurut-jenis-kelamin-2012-2016-.html
Koole, G., & Avishai, M. (2002). Queueing Models of Call Centers An Introduction. Annal of Operations Research, 41–59.
Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). USA: Sage Publications.
Misnawati, M., Hasbi, Rasyid, A. J., Yusriadi, Y., & Zulfiqar, S. B.-T. (2019). The Role of Family Hope Program Actor in Empowering Poor Society (Case Study of Bone Regency) Indonesia. Journal of Public Administration and Governance, 9(2), 359–366.
Nasucha, C. (2004). Reformasi Administrasi Publik. Jakarta: PT. Grasindo.
Nawir, H. (2018). Cerita di Balik Lahirnya Call Centre 112 Parepare. Rakyatku.Com. Retrieved from http://rakyatku.com/tag/pemkot-parepare/?url=90479/2018/03/04/cerita-di-balik-lahirnya-call-center-112-parepare
Pos, J. (2015). Call Center 112, Inovasi Wali Kota Parepare Taufan Pawe. Jawa Pos. Retrieved from http://www2.jawapos.com/baca/artikel/17709/call-center-112-inovasi-wali-kota-parepare-taufan-pawe#
Sahabuddin, C., Muliaty, Farida, U., & Yusriadi. (2019). Administration of Post-Reformation Decentralization Government. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(1), 7631–7634.
Suwarno, Y., & Ikhsan. (2006). Standar Pelayanan Publik di Daerah. Jurnal Inovasi Pelayanan Publik, 2(1).
Tahir, M. (2018). Call Center 112 Parepare Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik. Online 24 Always Be First. Retrieved from http://online24jam.com/2018/07/23/113450/call-center-112-parepare-masuk-top-99-inovasi-pelayanan-publik/
Tamimi, Z. (2015). Inovasi manajemen pelayanan publik Tim Emergency Service Kabupaten Bantaeng. Politika: Jurnal Ilmu Politik, 6(1). Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/politika/article/view/9818
Umar, A., Amrin, Madani, M., Farida, U., Yusriadi, Tamsa, H., … Misnawati. (2019). One-Stop Service Policy as A Bureaucratic Reform in Indonesia. Academy of Strategic Management Journal, 18(2), 1–12. Retrieved from https://www.abacademies.org/articles/onestop-service-policy-as-a-bureaucratic-reform-in-indonesia-8027.html
Yusriadi. (2018a). Bureaucratic Reform Barriers: A Case Study on the One Stop-Integrated Service Office in Bone Regency. Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik, 22(2), 146–154. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jkap/article/view/34536
Yusriadi. (2018b). Bureaucratic Reform to the improvement of public services Challenges for Indonesia. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 6. Retrieved from http://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma/article/view/1494
Yusriadi. (2018c). Reformasi Birokrasi Indonesia: Peluang dan Hambatan. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 8(2), 178–185. Retrieved from https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/1824
Yusriadi. (2018d). Tantangan Reformasi Birokrasi Berbasis E-Procurement di Indonesia. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 6(2). Retrieved from https://ojs.uma.ac.id/index.php/publikauma/article/view/1635
Yusriadi, & Farida, U. (2019). Bureaucracy Performance in Public Services in Indonesia. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 6(1), 17–24. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/9434
Yusriadi, Sahid, A., Amirullah, I., Azis, A., & Rachman, A. A. (2019). Bureaucratic Reform to the Human Resouces: A Case Study on the One-Stop Integrated Service. The Journal of Social Sciences Research. Retrieved from https://arpgweb.com/pdf-files/jssr5(1)61-66.pdf
DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v8i1.2695
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License