Pengembangan Usaha Kecil & Menengah (UKM) Di Kabupaten Kolaka Utara
Isra Djabbar(1), Sudirman Baso(2),
(1) Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) 
Abstract
Dalam menghadapi tantangan ekonomi global, salah satu pilar ekonomi yang bertahan di tengah arus perubahan adalah Usaha kecil dan Menengah (UKM). Dengan berbagai potensi daerah yang dimiliki oleh Kolaka Utara, maka Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kolaka Utara diharapkan mampu mengembangkan potensi yang ada untuk mengembangkan UKM di Kabupaten Kolaka Utara. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dalam pemberian bimbingan dan pengawasan kepada para pelaku UKM belum berjalan dengan baik dan semestinya, ini di sebabkan karena performa pegawai, ketepatan sasaran program yang belum terpenuhi dan ketersediaan sarana pendukung yang terbatas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusetyaningrum, Veraniaputri, dkk. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada Ukm Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) .Vol.38 No.2
Anggraini, Hardjanto, & Hayat. Pengembangan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal.Jurnal Administrasi Publik,Vol.I,No.6 Hal 1286-1295
Hadiyati, E. 2008. Model Pemasaran dalam pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana. Vol 5 No.1
Mia Ajeng, A. 2018. Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK di Kota Kudus. Journal of Dedicators Community. Vol. 2. No. 2. Hal. 83-90.
Nasucha Chaizi. 2008. Reformasi Administrasi Publik (teori dan praktek). Grasindo, Jakarta
Nugroho,Hanantyo Sri. 2018. Democratic Governance (Studi Mengenai Governability Dalam Pengembangan UMKM berbasis E-Commerce Di Kota Yogyakarta). Jurnal Publikauma Universitas Medan Area. Volume 6, No.1
Robert L. Mathis dan John H. Jackson. (2002). Manajemen Sumber daya Manusia. Salemba Empat, Jakarta
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
Wirawan, 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (teori, aplikasi, dan penelitian). Salemba Empat, Jakart
Wijaya, M & Jasfar, F. 2014. Pengaruh Rancangan Situs, Harga, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Pembelian Produk Fashion Melalui Online Shopping. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, Vol. 7 No. 2 Hal : 31–62.
DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2974
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License