Kinerja Pegawai Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Medan Denai Kota Medan


Deliana dan(1*), Irwan Nasution(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  kinerja pegawai puskesmas  Medan  Denai  dan  faktor-faktor  pendukung  dan  penghambat  dalam memberikan pelayanan.Penelitian  ini  menggunakan  metode  kuantitatif  dan  berbentuk  deskriptif dan  menganalisis data yang diperoleh  dengan  rumus  deskriptif data tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan di puskesmas Medan Denai termasuk dalam  kategori  baik  dengan  skor  jawaban  responden  ±48.7. Masyarakat  merasa  puas  atas  kinerja  dan  pelayanan  pegawai  puskesmas Medan Denai, yaitu kemampuan para dokter dalam menangani pasien. Kinerja  pegawai puskesmas  Medan  Denai  dalam  memberikan  pelayanan kesehatan  sudah  diterapkan  sesuai  prosedur,  responsivitas,  akuntabilitas, dantranspransi.  Tersedianya fasilitas  kesehatan  seperti  puskesmas  dari pemerintah  dan  di  dukung  dengan  kinerja  pegawai  puskesmas  yang  berkualitas mampu dan membantu meningkatkan kesehatan masyarakat sehat.

 


Keywords


Kinerja; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT RinekaCipta.

Bahrul.2009. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Husman Husaini. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Kiram

Malayu S.P.2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:BumiAksara.

Ratminto, Winarsih A.S.(2007). Manajemen Pelayanan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik.Yogjakarta: UPP AMP YKPN

WJS. Poerwardarmarminta. 1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Bumi Aksara

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan r & DBandung: Alfabeta

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja GranfindoPersada.

Sanjaya.Wina. 2013. Penelitian pendidikan Jeis Metode dan Prosedur.Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Handoko.T.Hani. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogjakarta: BPFE anggota Ikapi

Notoatmodjo, 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Petunjuk Rekam Medis, 2010. Petunjuk Umum Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Penerbit Ghalia

Klinis, 2009. Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rumah Sakit.

http://www.google.com

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2005. Metode Penelitian Survei.Jakarta: Pustaka LP3ES

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: P.T Rosdakarya

Nawawi, Hadari, 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: UGM

Press

Peraturan Undang-Undang: UUD Nomor 25 tahun 2009 Tentang pelayanan KepmenkesNo.128 tahun 2004




DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v4i2.411

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 726 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.