Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Kota Medan


Purnama Sari(1*), Bahrum Jamil(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract



Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Perpustakaan Kota Medan dari 95 responden 75 responden (78,9%) menyatakan sangat baik, 20 responden (21,1%) menyatakan baik. Hal ini menunjukkan bahwa dari kualitas pelayanan di Perpustakaan Kota Medan sangat baik karena pegawai perpustakaan sudah memenuhi harapan dari anggota baik dari pelayanan yang diberikan pegawai kepada anggota dan sarana prasarana yang memadai. Kepuasan Anggota hasil penelitian menunjukan dimana 68 responden (71,6%) menyatakan Sangat puas dan 27 responden (28,4%) menyatakan Puas. Anggota merasa puas karena pegawai sudah melakukan pelayanan yang maksimal untuk melayani para pengguna perpustakaan, baik mengenai jawaban yang diberikan oleh pegawai, maupun dari keramahan pegawai perpustakaan yang dianggap anggota sudah maksimal.Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan anggota karena nilai signifikan 0,000<0,05 maka H0ditolak, dan Haditerima.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Anggota; Perpustakaan Kota Medan

Full Text:

PDF

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Bernardine R, dan Susilo Supardo. 2005. Kepemimpinan, Dasar-Dasar Dan Pengembanganya. Yogjakarta: Offset

Djokosantoso Moeljono, Beyond Leardership, 10 Konsep Kepemimpinan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Dessler, Gary. 2007. Manajemen Personalia, Edisi Ketiga, Jakarta: Erlangga.

Esterberg, Kristin G. Pokoknya Kualitatif. Jakarta: PT. Pustaka Jaya .

Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan . Ketujuh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hasibuan. Malayu S.P. 2001. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Herujito, Yayat M.2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia

Joseph C. Rost. (2004). Kepemimpinan. Jogjakarta: Graha ilmu

Kartini, Kartono, 2008. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hariandja, M. 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia

Rivai, Veithzal. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Siagian P. Sondang . 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta : Rineka. Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif . Jogjakarta : Ghalia ilmu.

Nasution. 2003. Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sutrisno, 2007, Manajemen Sumber Personalia Dan Sumber Daya Manusia , Ekonesia: Yogyakarta.

Tampubolon, Biatna. D. 2007. Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan Dan Faktor Etos Kerja

Terhadap Kinerja Pegawai Pada Organisasi. Jakarta: Empirika

Thoha, Miftah. 2007. Perilaku Organisasi. Raja Jakarta: Grafindo Pustaka

Yukl, Debo. 2005. Edisi V. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v4i1.881

Article Metrics

Abstract view : 700 times
PDF - 636 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.