Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Madala Medan


Lia Effi Sukamma(1*), Abdul Muthalib(2),


(1) Universitas Medan Area
(2) Universitas Medan Area
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis produk moment dan selanJutnya diuji melalui uji t serta uji determinasi. Didalam pemberian kredit atau masalah gadai, apabila telah sampai pada waktu pelunasan hutang dan penebusan barang jaminan, tetapi penggadai tidak dapat membayar hutangnya, maka barang jaminan  dilelang dan nasabah masih berhak menerima sisa penjualannya, tetapi jika tidak cukup untuk pembayaran hutang, maka yang berhutang wajib membayar kekuranganny. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, Hal ini dibuktikan dengan harga rxy=0,58 berada pada interval antara 0,40-0,599 dimana hubungan yang terjadi sedang. Selanjutnya dengan menggunakan uji t dengan uji 2 pihak dk=28 dan α = 5% maka diperoleh t tabel dengan nilai 2,048, maka t hitung > t tabel (3,393>2,048). Jika ditarik kesimpulan maka terdapat hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian

Keywords


Pegadaian; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Fathoni. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Kelima, Remaja Rosdakarya. Bandung.

Siagian, Sondang P. 2005. Manajemen Stratejik Edisi keenam. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Simanjuntak, Payaman J. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kerja. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta

Sugiyono, Prof. Dr. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Hasibuan, Malayu. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan . Ketujuh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hasibuan. Malayu S.P. 2001. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Herujito, Yayat M.2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia

Joseph C. Rost. (2004). Kepemimpinan. Jogjakarta: Graha ilmu

Kartini, Kartono, 2008. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Hariandja, M. 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia

Rivai, Veithzal. (2004). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v2i1.998

Article Metrics

Abstract view : 167 times
PDF - 377 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.