Hubungan Tayangan MasterChef Indonesia terhadap Persepsi Profesi dan Minat Masyarakat menjadi Chef

Agnes lubis

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui hubungan tayangan MasterChef Indonesia terhadap persepsi mengenai profesi chef dan minat masyarakat menjadi chef. Penelitian menggunakan teori kultivasi, dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara bebas dan studi kepustakaan. Responden berjumlah 123 orang yang diperoleh dari teknik accidental sampling dengan sampel yang dibagi menjadi dua yaitu 100 orang masyarakat umum Kota Medan dan 23 orang mahasiswa Program Studi Tata Boga Akademi Pariwisata Medan. Uji hipotesis menggunakan rumus Rank Spearman dan diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif antara tayangan MasterChef Indonesia terhadap persepsi masyarakat umum mengenai profesi chef dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,634 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, 2) terdapat hubungan yang positif antara tayangan MasterChef Indonesia terhadap minat masyarakat menjadi chef dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,501 dan nilai signifikan sebesar 0,000,3) terdapat hubungan yang positif anatara tayangan MasterChef Indonesia dengan persepsi mahasiswa mengenai profesi chef dengan nilai korelasi sebesar 0,429 dan nilai signifikan sebesar 0,41,4) terdapat hubungan yang positif antara tayangan MasterChef Indonesia dengan minat mahasiswa untuk menjadi chef dengan nilai korelasi sebesar 0,517 dan nilai signifikan 0,012.


Full Text:

PDF

References


Ashley, B, Hallows, J, Jones, Steve, &Taylor, B. (2004). Food And Cultural Studies. London And New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Ardianto, E. & Erdinaya, L. K. (2005). Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Ariestyani, A. (2011). Dampak Tayangan Program Acara “MasterChef” US di Channel STARWORLD Terhadap Minat Memasak (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Hotel Management Binus University). Thesis Universitas Bina Nusantara.

Badan Pusat Statistik. (2016). Medan City in Figures 2016, (Publikasi No. 1275.1601). Medan. Badan Pusat Statistik Kota Medan.

Donovan, M.D., (1997). Cooking Essentials for The New Profesional Chef. United States of America: Van Nostrand Reinhold.

Effendy, O.U., (1993). Televisi Siaran, Teori dan Praktek. Jakarta: Mandar Maju.

________. (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

________. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fachrudin, A., (2015). Cara kreatif Mempoduksi Program Televisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hill, A., (2005). Audiences And Popular Factual Television. London And New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Hurlock, E.B., (2005). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Morissan, Wardhani, A.C, dan Hamid, F. (2010). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Pietro, D.G., (2016). The Impact of Televisioan Programmes on Teenage Career Aspirations: The ‘MasterChef Effect’. IZA Discussion Paper No. 9840. United Kingdom.

Rakhmat, J., (2007). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rivers, William L, Jensen, Jay. W. dan Peterson, T. (2003). Media Massa dan Masyarakat Modren Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Sarwono, S.W. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sumarjo. (2011). Efek Adegan Kekerasan di Televisi (Kritik Atas Teori Kultivasi Grebner). Jurnal Inovasi, 3(2).

Severin, W.J. dan James W. T, Jr. (2011). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utami, D.P., (2013). Hubungan Intensitas Menonton Program Memasak di Televisi dan Kompetensi Chef Presenter Dalam Program Memasak Terhadap Minat Penonton Untuk Memasak. Thesis Universitas Diponegoro.

Wood, J.T. (2013). Komunikasi Teori dan Praktik Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v3i1.1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0
Supported by :