Mengenal Teori Kultivasi dalam Ilmu Komunikasi

Junaidi Junaidi

Abstract


Teori kultivasi memusatkan perhatian pada dampak menonton tayangan televisi pada perilaku penonton televisi dalam jangka waktu yang panjang. Teori ini beranggapan bahwa manusia yang selalu menonton tayangan tertentu dengan waktu yang lama maka akan memiliki sebuah pemahaman bahwa dunia di sekelilingnya seperti yang ditayangkan di televisi. Misalnya saja seseorang yang selalu menonton acara-acara yang mengandung tayangan kekerasan (baik film maupun berita) dengan durasi lama dan frekuensi yang sering, maka akan memiliki pola pikir bahwa perilaku kekerasan seperti yang ditunjukkan di televisi mencerminkan kejadian di sekitarnya. Kekerasan yang dipresentasikan di televisi dianggap sebagai kekerasan yang terjadi di dunia.


Keywords


Televisi; Perilaku dan Penonton

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, D., dan Nova Y, (2005), Kekerasan di Televisi; Perspektif Kultivas, Jurnal Penelitian. Jakarta: Dirjen Dikti.

Alexander DA, (2010), Pengaruh tayangan “Mujizat Itu Nyata” di RCTI terhadap minar beribadah umat Kristiani; Studi kasus pada jemaat GBI Briliant, Skripsi, Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Ardianto, E., dan Lukiati K,E, (2004), Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Devito, J.A., (1997), Komunikasi Antarmanusia Kuliah Dasar”, Jakarta: Professional Books.

Dominick, J.R., (1990), The Dynamick of Mass Communication, New York: Random House.

Frili, M., (2015), Pengaruh Tayangan ILOOk di NET TV Terhadap Minat Kreatifitas Penonton; Studi Pada Folloewrs Twitter. Tesis, Universitas Bina Nusantara.

Griffin, E.A., (2004), A First Look At Communication Theory, New York: McGraw-Hill.

Hamim, (2009), Pengaruh Terpaan Berita Kejahatan di Televisi Terhadap Sikap Waspada dan Cemas Pada Ibu Rumah Tangga,” dalam Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 1: 54.

Hermanto, D., (2011), Pengaruh Tayangan Variety show Running Man di SBS terhadap perubahan perilaku; Studi pada anggota group fans Running Man Indonesia di Twitter”, Skripsi, Jakarta: Uiversitas Bina Nusantara.

Infante, D.A., Andrew S., Rancer & Deanna F.W., (2003), Building Communication Theory, Long Grove: Waveland Press.

Kasriani, (2014) “Dampak Tayangan Show Imah Di Trans TV Pada Gaya Bicara Remaja Di Desa Santan Ilir Kecamatan Marangkayu”, Jurnal Ilmu Komunikasi. Samarinda: FISIP Universitas Mulawarman.

Littlejohn, S.W., (2005), Theories of Human Communication, Eighth Edition. Belmont: Wadsworth Publishing Company.

Mc Quail, D., (1987), Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga.

McQuail’s, D., (2001), Mass Communication Theory, London. 4th edition: SAGE Publications, Inc.

Milla, M.N., (2009), Pengaruh Terpaan Kekerasan Media Audio-Visual Pada Kognisi Agresif dan Afeksi Agresif Studi Meta Analisis, Skripsi Jogjakarta: Universitas Gajah Mada.

Nurudin. (2004), Komunikasi Massa, Malang: Cespur.

Oktaviani, R., (2011), “Hubungan Tayangan Reality Show Be A Man di Global TV dengan Perilaku Asertif Transgender”, Tesis, Universitas Bina Nusantara.

Pramadiansyah, Y., (2014), Pengaruh Televisi Terhadap Pembentukan Perilaku Kekerasan, Kumpulan Hasil Penelitian Tesis Jakarta: Uiniversitas Indonesia.

Salam, I.I., (2012), Hubungan Antara Terpaan Drama Korea di Televisi dengan Gaya Hidup Penonto, Jurnal Mahasiswa, Volume 1, Nomor 1, Bandung: Universitas Padjadjaran.

Severin, W.J., and James W.T., (2001), Communication Theories; Origin, Methods, and Uses in the Mass Media”, Fifth Edition. University of Texas at Austin: Addison Wesley Longman Inc.

Wood, J.T., (2000), Communication Theories in Action”, California: Belmont.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0

Supported by :