Persepsi Kontributor Televisi Tentang Keberadaan Citizen Journalism

Nurul Hasanah, Ramdeswati Pohan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini, yang pertama adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi  dan komunikasi yang terbentuk antara kontributor televisi dan Citizen Journalism. Kedua adalah untuk mengetahui bagaimana faktor dan dampak yang ditimbulkan dari keberadaan Citizen Journalism, dan bagaimana etika Citizen Journalism di lapangan peliputan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiftif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan teori Behaviorisme dari Gage dan Berliner,  dimana teori Behaviorisme ini mendasarkan perubahan tingkah laku pada pengalaman, perilaku, dan respon. Pada dasarnya inti pemikiran Behaviorisme adalah bagaimana memahami perilaku yang dikendalikan oleh faktor-faktor lingkungan. Selain itu peneliti juga menggunakan teori Persepsi, yang mengkaji bagaimana komunikasi terjalin berdasarkan penginderaan, atensi dan interpretasi. Teori ini berasumsi bahwa persepsi menentukan seseorang bagaimana sikapnya berkomunikasi, semakin tinggi derajat kesamaan persepsi antar individu maka semakin mudah dan sering mereka berkomunikasi yang kemudian memiliki pengaruh yang instrumental  terhadap hasil-hasil kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah faktor-faktor yang terjadi dengan keberadaan Citizen Journalism yang di peroleh dari  informasi berupa pengalaman dan pengetahuan melalui kesadaran mereka dan bagaimana mereka memaknai pengalaman tersebut dalam berinteraksi.


Keywords


Citizen Journalism; Kontributor Televisi; Fenomenologi; Behaviorisme; Persepsi.

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Effendy, O.U. (2007). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Remaja Rokasjaya. Bandung

______________. (2011). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Remaja Rokasjaya. Bandung

Hikmat, M.M. (2011). Metode Penelitian: Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Graha Ilmu, Bandung

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Morrisan, (2011). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Prenada Media Group. Jakarta

Nugraha, P, (2012). Citizen Journalism: pandangan, pemahaman dan pengalaman. Kompas. Jakarta

Pujileksono, S. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Kelompok Intrans Publishing. Malang.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Cet. Ke-27. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sumber Internet

http://repository.fisipuntirta.ac.id/313/6/skripsi%20revisi%20%28Repaired%29.pdf diakses pada 5 September 2017 pukul 19.30 WIB

http://eprints.undip.ac.id/7226/1/journalism_globalisasi_informasi.pdf diakses pada 5 September 2017 pukul 20.00 WIB

https://hanifrahm.wordpress.com/2012/06/01/teori-behavioral-dan-kognitif/ diakses pada 5 September 2017 pukul 21.00 WIB

http://etikaprofesidanprotokoler.blogspot.co.id/2008/03/pengertian-etika.html diakses pada 5 September 2017 pukul 21.30 WIB

http://namanyajugaanakmuda.wordpress.com diakses pada 5 September 2017 pukul 21.45 WIB

http//jurnalis-televisi diakses pada 5 September 2017 pukul 22.00 WIB

E-jurnal unndip_ journalism_globalisasi_informasi.pdf diakses pada 6 September 2017 pukul 10.00 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0

Supported by :