Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap Audiens

Nurhalima Tambunan

Abstract


Perkembangan tekhnologi telah mempengaruhi pola kehidupan manusia baik secara negative maupun positif. Dengan beraneka ragamnya jenis tekhnologi komunikasi massa pada manusia

saat ini telah mampu mempengaruhi khalayak dan individu. Pengaruh media massa terhadap individu dapat melaui jalur satu tahap (one step folow) dan jalur dua tahap. Pengaruh komunikasi melalui satu tahap (one step follow) dimana komunikasi massa dapat mempengaruhi individu secara langsung tampa melaui pemuka pendapat atau opinion leader. Sedangkan komunikasi melalui dua tahap (Two step Flow) adalah dimana media massa mempengaruhi individu melalui open leader atau pemuka pendapat. Model aliran dua tahap sebagai suatu studi tentang bagaimana memilih berorientasi pada efek. Model aliran dua tahap berpendapat, efektivitas komunikasi massa terjadi setelah tahap pertama yang melalui opinion leader. Tanpa opinion leader, komunikasi massa terbatas sekali efektivitasnya terhadap masa audience. Tahap-tahap terjadinya model komunikasi aliran dua tahap adalah sebagai Seseorang yang memperoleh suatu ide atau gagasan baru dari media massa akan terjalin dalam suatu interaksi dengan orang lain. Adanya peranan aktif dari pemuka–pemuka pendapat dengan cara berkomunikasi. Tatap muka khusunya bagi masyarakat desa ataupun masyarakat yang sedang membangun maupun masyarakat pasif.


Keywords


Pengaruh, Komunikasi Massa, Audiens

Full Text:

PDF

References


Hafied, H., (2005), Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet. 6 Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Effendy, O.U., (2011), Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya, 2011

_____________ (2000), Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya, 2000.

Katz, E. (1957)., The two-step flow of communication: An up-to-date report on an hypothesis‘, Public Opinion Quarterly. American Association for Public Opinion Research.

Stewart, T., et.al.( 1996), Human Communication. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Umar, H. (2002), Metode Riset Komunikasi Organisasi: Sebuah Pendekatan Kualitatif Dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Hasil riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jhon, V., (2008), Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Wiryanto. (2000), Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Grasindo.

Widjaja, A.W. (1986), Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara

Wright, C.R. (1989), Mass Communication: A. Sociological Perspektif. New York: Random House.

Yusuf. (2008), Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Jakarta: Kencana.

Fauzi, (2014), Pengaruh mendengar acara dialog agama Islam di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Lhokseumawe terhadap pengamalan agama masyarakat di Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. Pascasarjana UIN Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0

Supported by :