Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa

Dewi Kurniawati(1*), Nugraha Arifin(2),


(1) Universitas Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi komunikasi pemasaran Brodo Footwear di Instagram dan minat beli mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). Dengan menggunakan teknik stratified propotional dan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 95 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan tahun 2012 dan 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Responden mengisi kuesioner yang terdiri dari 20 pertanyaan berkaitan dengan variabel yang diukur. Analisis data menggunakan tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis Spearman. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah tetapi pasti antara strategi pemasaran Brodo Footweardan minat beli mahasiswa di FISIP Universitas Sumatera Utara.

 

 



Keywords


komunikasi pemasaran, sosial media, minat beli

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaranjasa. Bandung: CV Alfabeta.

Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Sosial.Sidoarjo:Airlangga.

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Effendy, O.U. (1999). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Evans, D. (2008). Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing Inc.

Gurnelius, S. (2011). 30-minute Sosial Media Marketing. USA: McGraw-Hill Co.

Jefkins, F. (1995). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kholil, S. (2006). Metodologi Penelitian. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.

Santoso, D.H., (2015), Media dan Politik: Pertarungan Ruang & Kuasa Media Menjelang Pemilihan Presiden, Jurnal Simbolika, 1 (1): 1-5

Juditha, C., (2015), Gender dan Seksualitas dalam Konstruksi Media Massa, Jurnal Simbolika, 1 (1): 6-15

Ayun, P.Q., (2015), Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media), Jurnal Simbolika, 1 (1): 16-22

Dharmawan, A., (2015), Kritik Netizen Terhadap Nekrokultura Media Mainstream (Studi Demokrasi Partisipan Weblog Kompasiana), Jurnal Simbolika, 1 (1): 23-33

Utari, N.P. dan Nina S.S.S, (2015), Pemaknaan Penggunaan Jilbab Syar’i diKalangan Mahasiswa Psikologi (Studi pada Forum Mahasiswa Islam Psikologi (FORMASI) Ar-Ruuh, Universitas Medan Area), Jurnal Simbolika, 1 (1): 62-74




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.200

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 5446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0
Supported by :