Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan

Putri Siyamitri(1*),


(1) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan pemahaman guru Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Medan tentang literasi media internet. Penelitian ini juga menggambarkan literasi media internet para guru SMK tersebut dan impelementasi literasi media internet dalam melaksanakan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan informan enam orang guru TKJ dari lima SMK di Kota Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TKJ memiliki pemahaman tersendiri tentang literasi media internet. Mereka cenderung menginterpretasikan media sebagai media pembelajaran karena istilah literasi media belum populer bagi mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru TKJ telah memiliki literasi media internet yang baik walaupun mereka tidak menyadari bahwa kemampuan itu disebut literasi media. Selain itu, guru TKJ mengimplementasikan literasi media internet yang mereka miliki dalam melaksanakan tugas dengan menggunakan literasi media dalam memilih konten internet sebagai sumber informasi untuk bahan ajar dan menyampaikan materi literasi media kepada siswa berdasarkan pengalaman dan inisiatif mereka.

 

 

 


Keywords


literasi media, internet, guru

Full Text:

PDF

References


Abrams, N., Ian, B. & Udris, J. (2001). Studying The Media: Studying Film. New York: Oxford University Press.

Ayun, P.Q., (2015), Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media), Jurnal Simbolika, 1 (1): 16-22

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.

Effendy, H. (2005). Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Produser. Yogyakarta: Jalasutra.

Jamiluddin, R. (2004). Riset Kehumasan. Jakarta: Grasindo.

Kountur, R. (2003). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Kriyantono, R. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, D. (1994). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pratista, H. (2008). Memahami Film, Cet. Ke Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, S.D., dkk. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Efendi, O.U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafah Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ulea, V. (2001). A Concept of Dramatic Genre and The Comedy of A New Type. Carbondale: Southern Illinois University Press.

-------------. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunardi, S.T. (2004). Semiotika Negativa. Yogyakarta: Buku Baik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.203

Article Metrics

Abstract view : 413 times
PDF - 1189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0
Supported by :