Dinamika Film Komedi Indonesia Berdasarkan Unsur Naratif (Periode 1951-2013)

Rizki Briandana, Nindyta Aisyah Dwityas

Abstract



Dari sudut pandang praktisi perfilman di Indonesia, film komedi dipercaya dapat menghasilkan keuntungan yang besar dan meminimalisir biaya produksi film. Pendekatan cerita komedi dapat dibagi dalam lima kategori utama yaitu, slapstick, deadpan, verbal comedy, screwball, dan black/dark comedy. Penelitian ini bertujuan mengklasifikasikan film komedi Indonesia pada tahun 1951-2013 menurut kategori tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif untuk mengkategorikan genre film per-era. Analisis terfokus pada unsur naratif dari sinopsis masing-masing film untuk melihat kategorisasi tema utama dalam keseluruhan film komedi Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis film verbal comedy merupakan kategori film komedi yang paling diproduksi di Indonesia, yaitu mencapai 241 judul film. Puncak kemunculannya terjadi antara tahun 1970-1979 dengan jumlah 71 judul film. Meskipun trennya mulai menurun sejak itu, verbal comedy tetap menjadi salah satu kategori film komedi yang mendominasi di setiap era perkembangan industri film Indonesia.

 

 

 


Keywords


Film komedi Indonesia, verbal comedy, analisis isi

Full Text:

PDF

References


Abrams, N., Ian, B. & Udris, J. (2001). Studying The Media: Studying Film. New York: Oxford University Press.

Ayun, P.Q., (2015), Sensualitas dan Tubuh Perempuan dalam Film-film Horor di Indonesia (Kajian Ekonomi Politik Media), Jurnal Simbolika, 1 (1): 16-22

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media.

Effendy, H. (2005). Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Produser. Yogyakarta: Jalasutra.

Jamiluddin, R. (2004). Riset Kehumasan. Jakarta: Grasindo.

Kountur, R. (2003). Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Kriyantono, R. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, D. (1994). Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pratista, H. (2008). Memahami Film, Cet. Ke Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Rakhmat, J. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, S.D., dkk. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Efendi, O.U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafah Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ulea, V. (2001). A Concept of Dramatic Genre and The Comedy of A New Type. Carbondale: Southern Illinois University Press.

-------------. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunardi, S.T. (2004). Semiotika Negativa. Yogyakarta: Buku Baik.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v1i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0
Supported by :