Corporate Social Responsibility P.T. Pupuk Iskandar Muda dan Pemberdayaan Masyarakat Sekitarnya

Kana Rishky

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Corporate Social Responsibility (CSR) P.T. Pupuk Iskandar Muda (P.T. PIM) yang dilaksanakan kepada masyarakat sekitarnya dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Program CSR PTPIM dengan pemberdayaan masyarakat sekitar. Penelitian dilakukan di desa-desa yang menjadi Wilayah Ring I dari P.T. PIM. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4.883 rumah tangga dan penentuan sampel menggunakan metode stratified random sampling dan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 jiwa. Pengumpulan data menggunakan projektif kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P.T. PIM mengklasifikasikan Program CSRnya dalam tiga bidang yaitu bidang sosial, ekonomi dan lingkungan. Program CSR di bidang sosial meliputi pendidikan, kesehatan, keagamaan, budaya, sosial kesejahteraan umum dan olah raga. Program CSR di bidang ekonomi yakni kegiatan-kegiatan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sedangkan program CSR di bidang lingkungan mencakup kegiatan pelestarian lingkungan. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program CSR P.T. PIM di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan dengan pemberdayaan masyarakat sekitarnya. Arah hubungan menunjukkan arah positif dan koefisien korelasi menunjukkan hubungan antarvariabel yang kuat

 



Keywords


Corporate Sosial Responsibility, pemberdayaan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Afifi, Subhan. (2014). Identifikasi Program Corporate Social Responsibility Di Pangkalan Brandan Terhadap Rencana Pendirian Pabrik Sodium Ligno Sulfanot. Jurnal Ilmu Komunikasi. 12 (2).

Agustien, Miranda. (2010). Program Corporate Sosial Responsibility Dan Kesejahteraan Masyarakat. Skripsi (S1). Universitas Sumatera Utara.

Ambadar, Jackie. (2008). CSR Dalam Praktik Di Indonesia. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.

Anwas, Oos M. (2014). Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Utara. 2015. Statistik Daerah Kecamatan Dewantara 2015. Lhoksukon: BPS Kab. Aceh Utara.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Utara. (2015). Kecamatan Dewantara Dalam Angka 2015. Lhoksukon: BPS Kab. Aceh Utara.

Danandjaja. (2012). Metodologi Penelitian Sosial; Disertai Aplikasi SPSS for Windows. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Demartoto, Argyo dan Utami, Trisni. (2005). Kajian Mengenai Dampak Pembangunan Pariwisata Pedesaan Terhadap Pemberdayaan Potensi Sosial Budaya Masyarakat Di Desa Kepuhsari Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Laporan Penelitian. Universitas Sebelas Maret.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

____________________. (2007). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya.

Irwandar. (2014). CSR: Strategi Bisnis Mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan. Lhokseumawe: Center For Media and Cross-Cultural Studies.

Kartasasmita, G. (1996). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Nursahid, Fajar. (2006). Tanggung Jawab Sosial BUMN. Depok: Piramedia. PT Pupuk Iskandar Muda. (2015). Annual Report 2014. Aceh Utara: PT.PIM.

________________. (2015). Sustainability Report 2014. Aceh Utara: PT.PIM.

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 106, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4756. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sendjaja, Sasa Djuarsa. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soewadji, Jusuf. (2012). Pengantar metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugioyono. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

_________. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. B. (2009). Reputation - Driven: Corporate Social Responsibility Pendekatan Strategic Management dalam CSR. Jakarta: Erlangga.

Wahyuningrum, Yuniarti., Noor, Irwan. dan Wachid, Abdul. (2014). Pengaruh Program Coporate Social Responsibility Terhadap Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik. Volume 1 No. 5. Hal 109-115.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v2i1.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0
Supported by :