Komparasi Model Kompetensi Komunikasi Guru dalam Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus pada SMPN 1 Bukit dengan SMPS Blang Panas Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh

Wahyu Hidayat(1*),


(1) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kompetensi komunikasi guru, mendeskripsikan model komunikasi guru dalam proses belajar mengajar, dan membandingkan model-model kompetensi komunikasi yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Bukit dan SMPS  Blang Panas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi guru di SMPN 1 Bukit telah memenuhi kriteria yang disyaratkan, sedangkan kompetensi komunikasi guru di SMPS Blang Panas belum memenuhi kriteria. Selain itu, model komunikasi guru pada SMPN 1 Bukit lebih bervariasi dan mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada, sedangkan model komunikasi guru pada SMPS Blang Panas lebih monoton dengan hanya menerapkan satu model komunikasi dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan pada kemampuan berkomunikasi guru secara verbal, non verbal, perbedaan kemampuan bergaul secara santun dan efektif dengan siswa-siswi di kelas, serta perbedaan kemampuan penguasaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, guru-guru di SMPN 1 Bukit mampu memadukan tiga kategori model komunikasi sekaligus (komunikasi satu arah, dua arah, dan transaksi), sedangkan pada SMPS Blang Panas, guru hanya mampu menerapkan model komunikasi satu arah saja.

 

 

 


Keywords


komunikasi, model komunikasi guru, belajar-mengajar

Full Text:

PDF

References


Arif,S. S. (2003). Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arif, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Siahaan, M. S. (2005). Komunikasi Pemahaman dan penerapannya. Jakarta: Gunung Mulia.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfa Beta.

Sanaky, H. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.

Sitompul, Nurmida. (2009). Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru dalam Kelas Pembelajaran: Maknanya Bagi Pembelajaran Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi Program Pasca Sarjana UM 2009.

Wibowo, Agus. & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Dita, S.N.A. (2002). Kompetensi Komunikasi Guru Taman Kanak-kanak (studi kasus strategi komunikasi guru dalam memotivasi pengungkapan diri (self-disclosure murid). Tesis master tidak dipublikasikan, UniversitasIndonesia, Depok

Chairani, Mustika., Wiendijarti, Ida., & Novianti, Dewi. (2009). KomunikasiInterpersonal Guru Dan Orang Tua Dalam Mencegah Kenakalan RemajaPada Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas XI SMA KolomboSleman). Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 2,

Patton, M. Q. (1991). How to Use Qualitative Methods in Evaluation. London:SAGE Publications.

Neuman Lawrence. (2013). Social Research Methods: Qualitative and Quantitave Approaches 7thedition. (page :535).

Susetiawati, S. E. (2012). Hasil UKA dan UKG, Kompetensi Guru Lebih Burukdari Laporan Aljazeera?. Diakses 29, Maret, 2015, dari https://m.facebook.com/notes/sma-1-wonosari/hasil-uka-dan-ukgkompetensi-guru-lebih-buruk-dari-laporanaljazeera/10151260964421507/?__tn__=C.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v2i1.221

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0
Supported by :