Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung

Junaidi Pranata Sembiring(1*),


(1) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran objek wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung serta hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemasaran oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo. Penelitian ini menggunakan metode fonomenologi. Informan terdiri dari para pengunjung lokasi penelitian, para pelaku wisata, organisasi wisata dan Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Usaha Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Karo melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dirancang oleh internal tanpa melibatkan para pelaku wisata dalam perencanaan. Dalam pemasaran objek wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung dilakukan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) melalui advertising, public relations, sales promotion dan personal selling. Strategi komunikasi pemasaran antara lain berfokus pada: image, daya tarik alam, dukungan masyarakat dan kemajuan teknologi informasi. Strategi komunikasi pemasaran yang menonjolkan keunikan Karo yaitu seni budaya dan daya tarik alam untuk memenangkan persaingan dengan daerah lain.

 

 



Keywords


strategi, komunikasi pemasaran, IMC, pariwisata

Full Text:

PDF

References


A.J, Muljadi. (2009). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Amirul, Hadi & Haryono, H. (2007).Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Bogdan, R.C dan Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education : An Introduction to Theory and Mehtods.Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Brannan, Tom. (2005). Integrated Marketing Communication. Jakarta: PPM.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana.

Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Gravindo Persada.

Cooper et.al. (1998). Tourism Principles and Practice. Addison Wesley Longman Ltd: Harlow.

Creswell, John W. (2010). Reserarch Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damanik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi.Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi.

Effendy, Onong Uchjana. (1995). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fandy Tjiptono. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Foster, B. S., dan R. Karen. (2001). Pembinaan Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jakarta : PPM.

Hadi, Sutrisno. (1992). Metodologi Research II.Yogyakarta: Andi Offset.

Hasan Ali. (2015). Tourism Marketing. Jakarta: PT.Buku Seru.

Hermawan, Agus. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Hurriyati, Ratih. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Inc. Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ismayanti. (2009). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo

James J.Spillane. (1987). Ekonomi Pariwisata, Sejarah Dan Prospeknya. Jakarta: Kanisius.

J. Semenik, Richard. (2002). Promotion & Integrated Marketing Communication. Southwestern: Thomson Learning.

Kartajaya Hermawan. (2005). Attracting Tourists Taraders Investors. Strategi Memasarkan Daerah di Era Otonomi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Kasali, Renald. (1992). Manajemen Periklanan. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Gratifi.

Knodel, J. (1993). The Design and Analysis of Focus Group Studies. in Ed. DL Morgan: Successfull Focus Group.

Kotler, Philip. (1999). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler P & Amstrong G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jilid 1 Edisi ke-8. Jakarta: Prenhalindo.

Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group.

Kruti Shah, Alan D’Souza. (2009). Advertising and Promotion: an IMC Perspective. New York : Google Books.

Kuncoro, M. (2004). Otonomi dan Pembangunan Daerah. Jakrata: Erlangga.

Kusmayadi dan Sugiarto, Endar. (2000). Metode Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedia Pusataka Utama.

Kusumastuti YI. (2009). Komunikasi Bisnis. Bogor (ID): IPB Press.

Littlejohn, S.& Foss, K. (2011). Teori Komunikasi: Theoris of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-metode Baru. UI Press, Jakarta.

Minter, David & Reid, Michael. (2007). Lightning Innovation Strategy. Jakarta: Serambi.

Maleong, Lexy J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moriarty, Sandra. (2011). Adverising. Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Musanef. (1995). Manajemen Usaha Pariwisata di Indonesia. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.

Narwaya, Tri Guntur. (2006). “Matinya Ilmu komunikasi.” Jogjakarta: RESIST Book.

Pitana, I Gede. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: ANDI

Prasadja Tan, Rio Budi. (2010). Kunci Sukes Memasarkan Jasa Pariwisata. Jakarta: Esensi.

Prastowo, Andi. (2008). Menguasai Teknik-teknik Data Penelitian Kualitatif. Jogya: DIVA Press.

Rachmat, Kriyantono,. (2007). Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Ruslan, Rosady. (2002). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Semenik, Richard J. (2002). Promotion & Integrated Marketing Communication.

Southwestern Thomson Learning.

Sendjaja, S. Djuarsa. (1994). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen. Konsep dan Implikasi untuk Startegi dan Penelitian Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Shimp, Terence A. (2000). Periklanan Promosi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Singarimbun,M. & Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.

Siskawati, Milla. (2010). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Upaya Membangun Ekuitas Merek Hotel Lor In. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Soemanagara, Rd. (2006). Strategic Marketing Communication. Bandung: Alfabeta

Communication Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan.Yogyakarta: Kanisius.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sutopo, H.B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif - Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Sebelas Maret University Press: Surakarta.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. (Edisi Kedua).Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tunggal Widjaja. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Wibowo Sukamo. (2011). Pariwisata Sebagai Disiplin Ilmu Yang Mandiri . Jumal llmiah Pariwisata. Vol.XVI. hlm. 2.

Winardi. (1992). Promosi dan Reklame. Bandung : Mandar Maju

Yoeti, Oka A. (2001). Perencanaan Strategis Pemasaran: Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradnya Paramita

Yulianita, Neni. (2001). Komunikasi Pemasaran. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Dr. Soetomo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v2i1.223

Article Metrics

Abstract view : 473 times
PDF - 1126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0
Supported by :