Iklan Manulife dan Brand Awareness (Studi Korelasional Analisis Iklan Manulife terhadap Brand Awareness Nasabah PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia di Kota Medan)

Dewi Kurniawati(1*), Christian Adi Guna Sipayung(2),


(1) Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU
(2) Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kreativitas iklan perusahaan Manulife terhadap brand awareness, menganlisa seleksi media, dan untuk melihat efek iklan Manulife pada pelanggan Manulife. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan yang dibawa oleh iklan Manulife berpengaruh kuat terhadap pelanggan asuransi tersebut. Para pelanggan juga lebih memilih merk Manulife setelah menonton iklan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas iklan Manulife berdampak sangat signifikan terhadap brand awareness. Dan penayangan dalam jangka panjang iklan tersebut di televisi membuat pelanggan mengingat merk tersebut setelah menontonnya. Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan media iklan Manulife sangat berpengaruh terhadap brand awareness.

 



Keywords


periklanan, brand awareness, Manulife

Full Text:

PDF

References


Durianto, D, dan C. Liana. 2003. Analisis Efektifitas Iklan Televisi Softener Soft & Fresh di Jakarta dan Sekitarnya dengan menggunakan Consumer Decision Model. Vol.11. No.1 Maret: 1-5

Effendy, O. U. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Jefkins, F. 1995. Periklanan edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

___________. 1997. Periklanan. Jakarta: Erlangga

Kasali, R. 1995. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Grafiti.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Prenhallindo.

___________. 2000. Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation, and Con-trol, Tenth Edition. New Jersey: Prentice Hall International,Inc.

___________. 2005. According to Kotler. Jakarta: Penerbit Bhuana Ilmu Populer.

___________. 2005. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kriyantono, R. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lane, W. R, King, K. W. dan J. T. Russell. 2009. Kleppner’s Procedure Periklanan Edisi ke-17 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Muharam, A. S. 2011, Analisis Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Susu Kental Manis Frisian Flag di Kota Semarang) [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro, Program Studi Magister Manajemen.

Purba, A. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa Press.

Puspitasari, I. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Studi Pada Program Periklanan Produk Telkom Flexi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang [Tesis] Semarang: Universitas Diponegoro, Program Studi Magister Managemen

Rangkuti, F. 2002. The Power of Brand. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, M. 2008. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya Terhadap Sikap Merek Studi Kasus Pada Iklan Ponds Di Kota Semarang. [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro Program Studi Magister Manajemen.

Saladin, D. 2001. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung: Lindakarya.

Shapiro,S dan H. S. Krishnan. 2001. Memory Based Measures for Assessing Advertising Ef-fect: A Comparison of Explicit and Implicit Memosy effect”, Journal of Advertising Vol.30 Number 3. Fall 2001.

Shimp, T. A. 2000. Periklanan Promosi Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. CV. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wibowo, A. 2000. Mengapa Mereka Menyukai Produk dan Brand?Jurnal Kajian Bisnis No.19, Januari-April.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v1i1.48

Article Metrics

Abstract view : 215 times
PDF - 558 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0
Supported by :