Persepsi Pemirsa Terhadap Citra Orang Betawi Melalui Sitkom Bajaj Bajuri

Elida F S Simanjorang

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran umum tentang bagaimana persepsi pemirsa Sitkom Bajaj Bajuri terhadap citra orang Betawi yang ditampilkan melalui penggambaran karakter para pemain dan alur cerita sitkom tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mendapatkan data dan informasi, dipergunakan kuesioner (angket) dan intreview (wawancara). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa citra orang Betawi melalui penggambaran karakter para pemain dan alur cerita Sitkom Bajaj Bajuri adalah cenderung kurang terhormat, kendati secara rating cukup tinggi. Adapun saran yang dapat diberikan ialah agar produser sinetron lebih mengangkat citra positif orang Betawi melaluipencitraan para pemain dan alur cerita yang lebih mendidik. Demikian pula, disarankan agar pemangku kepentingan yang berhubungan dengan media televisi (khususnya produser sinetron dan stasiun televisi) agar lebih bijaksana dalam memproduksi dan menyiarkan sinetron berlatar belakang budaya tertentu.

 


Keywords


persepsi, citra, betawi, sitkom bajaj bajuri

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. 1992.Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elvinaro, A.2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kuswandi, W. 1996.Komunikasi Massa: Suatu Analisis Isi Media Televisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Mc.Quail, D.Teori Komunikasi Massa.Jakarta: Erlangga.

Mulyana, D. 2000Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin, 2013Komunikasi Massa. YogyakartaPustaka Pelajar.

Sendjaja, S. D. 1994Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soekanto, S. 1985Kamus Sosiologi.Jakarta : Rajawali.

Wahyudi, JB. 1986Media Komunikasi Massa Televisi, Bandung: Alumni.




DOI: http://dx.doi.org/10.31289/simbollika.v1i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMBOLIKA
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Medan Area
Universitas Medan Area, Jalan Kolam No. 1, Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika dan Email: simbolika@uma.ac.id
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0
Supported by :