Web Analytics Made Easy -
StatCounter

PENGARUH HARGA, KUALITAS, KERAGAMAN PRODUK DAN LOKASI PASAR TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK PERTANIAN DI PASAR TRADISIONAL BRASTAGI

Autor(s): Rasmulia Sembiring
DOI: 10.31289/agrica.v9i2.541

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas dan keragaman produk, serta lokasi pasar terhadap preferensi konsumen dalam membeli produk pertanian di Pasar Tradisional Brastagi. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan metode jenis purposive sampling, dimana sampel merupakan pelanggan pasar tradisional yang telah berkunjung lebih dari 2 kali dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Adapun variabel yang akan diteliti adalah harga, kualitas produk, keragaman produk  dan lokasi pasar.  Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel harga, kualitas, keseragaman produk dan lokasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen

Full Text:

PDF

References

Darmadi Durianto, 2004. Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta :PT Gramedia Pustaka Utama.

Frank, Robert H. 2011. Microeconomics and Behavior. Eighth edition, Mc.Graw. Hill International Edition.

Kotler Philips dan Gary, Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Marketing management. 12th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip, 2009. The Consumer Behavior in Marketing Management. Published by Simon & Schuster Pte.Ltd.

Mulyani, Yuliana. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar Swalayan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pasar Swalayan Luwes di Purwodadi). Dalam Jurnal Excellent Vol. 1 No. 2 Hal 97-122.

Nasution, M. N. 2010. Manajemen Mutu terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia.

Pamungkas, Rizki. 2014 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pemegang Usaha Waralaba (Studi Kasus pada Waralaba Makanan dan Minuman Lokal di Kota Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/43661/1/16 PAMUNGKAS.pdf.

Schiffman, Leon and Leslie Lazar Kanuk, 2009. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Bandung: CV. Linda Karya.

Simamora, Bilson. 2012. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tan Erwin Rediono, 2011. Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Belanja di Alfamart Surabaya. Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2 ISSN. 1978-4724.

Tjiptono, Fandy. 2005. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta : ANDI.

Wahyudi, Nur. 2014. Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha terhadap Kesuksesan Usaha Jasa Mikro di Kecamatan Sungai Kunjang. http://ejurnal.untagsmd.ac.id/index.php/EKM/article/viewFile/881/pdf128.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.