ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BENIH KELAPA SAWIT BERSERTIFIKAT (Studi Kasus: Desa Lubuk Jawi Kabupaten Rokan Hilir, Riau)


Feni Dita Azhari(1),


(1) Universitas Prima Indonesia

Abstract


Perkebunan tanaman kelapa sawit merupakan sumber penghasilan utama dari sebagian besar masyarakat Desa Lubuk Jawi. Namun penggunaan benih yang tidak tepat menyebabkan produktifitas kelapa sawit yang ditanam  tidak maksimal bahkan tidak menghasilkan sama sekali. Banyak petani yang masih menolak untuk menggunakan benih bersertifikat dan tetap menggunakan benih liar meskipun sudah mengetahui resiko akan gagal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kepuasan dan  loyalitas konsumen terhadap penggunaan benih kelapa sawit. Melalui kepuasan dan loyalitas petani dalam menggunakan benih kelapa sawit diharapkan produsen maupun pemerintah mengetahui gambaran terhadap keinginan petani dalam penggunaan benih kelapa sawit. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 95 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Piramida Loyalitas. Kepuasan dianalisis dengan menggunakan Important Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfied Index (CSI). Sedangkan loyalitas konsumen dianalisis dengan menggunakan piramida loyalitas Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2022.


Keywords


kepuasan, loyalitas, benih kelapa sawit, IPA, CSI dan piramida loyalitas

Full Text:

PDF

References


Aryani D. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jakarta (ID). Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Mei-Agustus 2010 Volume 17 Nomor 2.

Binsar S. 2010. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Hubungannya Dengan Karakteristik Pelanggan O’zon Café Botani Square. Bogor (ID). Institut Pertanian Bogor.

Durianto. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar. Jakarta (ID). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kariyasa K, Ardana IK. 2016. Pengaruh Inovasi Teknologi dan Penggunaan Input Terhadap Produktivitas Kelapa Sawit Di Propinsi Kalimantan Barat. Jurnal littri

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Penerjemah : Bob Sabran. Jakarta (ID). Penerbit Erlangga.

Nasution, Myrna Pratiwi, and Laura Juita Pinem. "Analisis Sikap dan Kepuasan Petani dalam Menggunakan Benih Kelapa Sawit (Elaeis guineensis) Bersertifikat di Kabupaten Labuhan Batu Utara." AGRIMOR 5.3 (2020): 40-44.

Rangkuti; F. 2006. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, Suharno dan Fariyanto.2017.Bauran Pemasaran Kepuasan dan Loyalitas.Institut Pertanian Bogor.

Simamora B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Monica V. 2013. Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Anomali Coffee di Kemang Jakarta Selatan. Bogor (ID). Institut Pertanian Bogor.

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

[GAPKI] Gabungan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia. 2014. Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI, Membangun Kemandirian Ekonomi, Energi dan Pangan Secara Berkelanjutan. Bogor (ID): Gabungan Pengusaha Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia – PASPI.




DOI: https://doi.org/10.31289/agri.v4i1.7177

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License