Layanan Informasi Berbasis Focus Group Discussion (FGD) dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa


Enny Fitriani(1*), Azhar Azhar(2),


(1) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
(2) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru pembimbing atau guru BK memiliki peran penting untuk melakukan upaya pembinaan terhadap siswa khususnya dalam meningkatkan kepercayaan diri. Guru pembimbing memberikan berbagai layanan dan model pembelajaran inovatif terhadap peserta didik. Khususnya layanan informasi berbasis focus group discussion sebagai sarana pemahaman bagi siswa yang mengalami masalah kepercayaan diri. Dari hasil observasi ditemukan bahwa siswa dalam suatu kelas yang terdiri dari 30 siswa  hanya 10 siswa (25,00%) orang terlihat tinggi kepercayaan dirinya, yang memiliki tingkat kepercayaan sedang 13 siswa (21.66%) dan memilih rendah 7 siswa (5.80% ) siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 60 siswa, sedangkan sampelnya pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampel random, jadi sampelnya berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri data pre test dan post test. Hasil penelitian menemukan bahwa layanan informasi berbasis FGD dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.


Keywords


Layanan informasi, focus group disscusion, kepercayaan diri siswa

Full Text:

PDF

References


Carnegie, Dale. (2010). The Magic of Speaking. Jakarta: Ufuk Publising House.

Kelola, Akbar. (2016). The Secret Of Habit. Yogyakarta: Psikopedia.

Krueger & Casey. (2000). A Pratical Guide For Applied Research. California : Sage Publication Publish

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNPAD.

Safaria, Triantoro & Nafrans Eka Saputra. (2009). Manajemen Emosi (Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuatitatif ,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Team Dosen FKIP. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Medan: UMN

Yeung, Rob. (2014). Confidence. Jakarta: Daras Books.




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2552

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License