Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Pelatihan Kontrol Diri untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa

Autor(s): Zahrani Zahrani, Tri Kurniati Ambarini
DOI: 10.31289/analitika.v11i2.2798

Abstract

Agresivitas merupakan salah satu permasalahan serius yang rentan terjadi pada usia remaja sebagaimana yang dialami oleh siswa kelas VIII F SMPN Z Surabaya. Kegagalan melakukan kontrol diri dapat menjadi salah satu penyebab perilaku agresif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas pelatihan kontrol diri untuk: (1) meningkatkan pemahaman siswa mengenai kontrol diri dan agresivitas; dan (2) menurunkan perilaku agresif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Tipe eksperimen yang dilakukan adalah one group pretest-posttest design. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Subjek yang terlibat yakni 33 orang siswa kelas VIII F SMPN Z Surabaya. Perilaku agresif diukur dengan skala agresivitas oleh Buss & Perry (1992) yang telah diadaptasi ke dalam bahasa indonesia. Skala agresivitas diberikan sebelum dan sesudah pelatihan kepada masing-masing subjek. Subjek menjalani 10 sesi pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari. Data yang terkumpul dianalisis dengan paired sample t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman subjek mengenai kontrol diri dan agresivitas sebelum dan sesudah penelitian, di mana rata-rata pemahaman subjek meningkat setelah pelatihan; (2) rata-rata perilaku agresif siswa menurun setelah pelatihan, namun angka penurunannya tidaklah signifikan. Secara keseluruhan, pelatihan kontrol diri efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa namun tidak efektif untuk menurunkan perilaku agresif. 

 

Keywords

Pelatihan kontrol diri; perilaku agresif; remaja.

Full Text:

PDF

References

Anantasari. (2006). Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Auliya, M. & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi pada Siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character. 2(3): 1-6.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buss, A.H. & Perry, M.P. (1992). The Aggressive Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 63(3), 452-459.

Denson, T.F., Capper, M.M., Oaten, M., Friese, M. & Schofield, T.P. (2011). Self-Control Training Decreases Aggression in Response to Provocation in Aggressive Individuals. Journal of Research in Personality. 45(2011): 252–256.

Denson, T.F., DeWall, N.C. & Finkel, E.J. (2012). Self Control and Aggression. Current Directions in Psychological Science. 21(1): 20-25.

DeWall, C. N., Baumeister, R. F., Stillman, R. G., & Gailliot, M. T. (2007). Violence Restrained: Effects of Self-Regulation and Its Depletion on Aggression. Journal of Experimental Social Psychology. 43(2007): 62–76.

Febriani, W., Samino & Sari, N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Stop Buang Air Besar Sembarangan: Studi pada Program STBM di Desa Sumber Sari Metro Selatan. Jurnal Dunia Kes Mas. 5(3): 121-130.

Ghufron, M.N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Green, L. (2000). Communication and Human Behaviour. New Jersey: Prentice Hall.

Hastuti, L.W. (2018). Kontrol diri dan Agresi: Tinjauan Meta-analisis. Buletin Psikologi, 26(1): 42-53.

Hurlock, E.B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Jacoby, J. (2002). Stimulus-Organism-Response Reconsidered: An Evolutionary Step in Modelling (Consumer) Behavior. Journal of Consumer Psychology. 12(1): 51-57.

Necka, E. (2015). Self-Control Scale AS-36: Construction and validation study. Polish Psychological Bulletin. 46(3): 488-497.

Tentama, F. (2012). Perilaku Anak Agresif: Asesmen dan Intervensinya. KES MAS. 6(2): 162-232.

Papalia, Olds, & Feldman. (2008). Human Development, tenth edition. New York: McGraw-Hill.

Saad, H. M. (2003). Perkelahian pelajar: Potret siswa SMU di DKI Jakarta. Yogyakarta: Galang Press.

Sentana, M.A., & Kumala, I.D. (2017). Agresivitas dan Kontrol Diri pada Remaja di Banda Aceh. Jurnal Sains Psikologi. 6(2): 51-55.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.