Psikoedukasi Parenting untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu dalam Mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan
Authors
Christy Ruth Titiari Nainggolan , Hamidah HamidahDOI:
10.31289/analitika.v11i2.2799Published:
2019-12-30Issue:
Vol. 11 No. 2 (2019): ANALITIKA DESEMBERKeywords:
Psikoedukasi, Parenting, Pengetahuan Ibu, 1000 Hari Pertama KehidupanArticles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Abstract
Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) merupakan program pemerintah Indonesia yang dibuat dalam rangka mempercepat perbaikan gizi agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Puskesmas J di Surabaya telah melaksanakan program ini melalui Posyandu Balita D. Namun, pelaksanaannya belum disertai dengan psikoedukasi sehingga ibu kurang mendapat infomasi lengkap terkait pentingnya program 1000 HPK (ASI Eksklusif, imunisasi, dan gizi) dalam kehidupan anak. Salah satu faktor yang dapat mengoptimalkan program tersebut adalah pengetahuan ibu tentang parenting. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan ibu dalam mengoptimalkan periode 1000 HPK sesudah dilakukan psikoedukasi parenting di Posyandu Balita D. Responden penelitian berjumlah 23 ibu balita dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan kuesioner disusun oleh peneliti berdasarkan materi psikoedukasi. Hasil analisis data dengan Paired Sample T-Test menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 (p<0.05) yang berarti ada peningkatan pengetahuan ibu dalam mengoptimalkan 1000 HPK setelah dilakukan psikoedukasi parenting di Posyandu Balita D. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rekomendasi bagi Puskesmas J agar menerapkan psikoedukasi parenting di seluruh Posyandu Balita dalam wilayah kerjanya guna mendukung 1000 HPK.Â
References
Al-Maadadi, F. & Ikhlef, Atmane. (2014). What Mothers Know About Child Development and Parenting in Qatar : Parenting Cognitions and Practices. SAGE The Family Journal. 23 (1): 65-73.
Biedinger, N. & Biedinger, N. (2011). The Influence of Education and Home Environment on the Cognitive Outcomes of Preschool Children in Germany. Child Development Research. 1-10.
Dewey, K.G. & Begum K. (2011). Long-term Consequences Of Stunting In Early Life. Blackwell Publishing Ltd Maternal and Child Nutrition. 7 (3): 5-18.
Dinas Kesehatan Kota Surabaya. (2017). Profil Kesehatan Tahun 2016. Surabaya : Dinas Kesehatan Kota Surabaya.
Elmanora, Hastuti, D. & Muflikhati, I. (2017). Lingkungan Keluarga sebagai Sumber Stimulasi untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons. 10 (2): 143-156.
Evans, J.L. Myers, R.G. & Ilfeld, E.M. (2000). Early Childhood Counts: A Programming Guide on Early Childhood Care for Development. New York: The World Bank.
Gibbs, B.G. & Forste, R. (2014). Breastfeeding, Parenting, and Early Cognitive Development. The Journal of Pediatrics. 164(3): 487-493. doi:10.1016/j.jpeds.2013.10.015
Hadidi, K. (2014). Pengaruh Psikoedukasi terhadap Pengetahuan, Koping, Kepatuhan, dan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi Menggunakan Pendekatan Model Teori Adaptasi Roy. Tesis. Universitas Airlangga, Surabaya.
Hidayat, A.A. (2009). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
HIMPSI. (2010). Kode Etik Psikologi Indonesia. Jakarta: Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.
Hoffmann, D.A., dkk. (2016). Influence of Maternal Feeding Goals and Practices on Children’s Eating Behaviors. Appetite. 107. 21-27. doi:10.1016/j.appet.2016.07.014.
Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Juniman, P.T. (2018). Angka Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia Masih Rendah. Diunduh di https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180820165738-255-323681/angka-pemberian-asi-eksklusif-di-indonesia-masih-rendah tanggal 22 Juli 2019.
Kementerian Kesehatan RI. (2012). Modul Kesehatan dan Gizi.
Kementerian Kesehatan RI. (2014). Keluarga Sehat Idamanku, Kota Sehat Kotaku.
Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat RI. (2013). Kerangka Kebijakan Gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan.
Kurniawati, L.D. & Mardiyanti, I. (2014). Pola Asuh Orangtua Mempengaruhi Perkembangan Balita di Posyandu Arjuna IV Pos 3 Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan Surabaya. Jurnal Ilmu Kesehatan. 7 (12): 9-16.
Lawrence, M.A. (2017). Supporting Breastfeeding/Early Childhood Social and Emotion Development. CEECD/SKC-ECD Breastfeeding. 1-5.
Maesarah. Djafar, L. & Pakaya., F. (2018). Hubungan Perilaku Orangtua dengan Status Gizi Balita di Desa Bulalo Kab. Gorontalo Utara. Gorontalo Journal of Public Health. 1 (1): 39-45.
Meliala, A. (2015). Seribu Hari Pertama. Jakarta : Kemendikbud RI.
Morowatisharifabad, M.A. dkk. (2017). Parenting Style, Parental Feeding Practices and Children’s Nutritional Status in Authoritative Parenting Style Model: A Structural Equation Modelling. Iran Red Crescent Med J. 19 (3): 1-7. doi: 10.5812/ircmj.41401.
Muthi’ah, A. (2017). Efikasi Pemberian Edukasi Terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin Wanita. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.
Naim, R. Juniarti, N, & Yamin, A. (2017). Pengaruh Edukasi Berbasis Keluarga terhadap Intensi Ibu Hamil untuk Optimalisasi Nutrisi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Jurnal Keperawatan Padjajaran. 5 (2). 184-196.
Novita, D. (2013). Hubungan Stimulasi Psikososial di Rumah dan Proses Pembelajaran dengan Kecerdasan Majemuk Anak Taman Kanak Kanak di Kecamatan Pamulang Kota Tangerang. Tesis. Institut Pertanian Bogor.
Nugroho, S. & Adiyanti, M.G. (2011). Program Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Menangani Bullying. Jurnal Intervensi Psikologi. 2 (1): 25-48.
Nurunniyah, S. & Sugesti, D.T. (2016). Pengasuhan Berhubungan dengan Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif pada Baduta di Kecamatan Sedayu. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia. 4 (1): 1-7.
Papalia, D.E. dkk. (2008). Human Development. Terjemahan A.K. Anwar. Jakarta : Prenada Media Group.
Pebriana. dkk. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Cakupan ASI Eksklusif di Puskesmas Umbulharjo 1 Kota Yogyakarta. Skripsi. Stikes Aisyah Yogyakarta.
Pratama, A.P. Riyanti, E. & Cahyo, K. (2017). Pengaruh Edukasi Gerakan 1000 HPK terhadap Perbaikan Pola Makan Ibu Hamil Risti di Wilayah Kerja Puskesmas Kedung Mundu Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 5 (5): 926-938.
Rao, N. dkk. (2004). Early Childhood Development and Cognitive Development in Developing Countries : A Rigorous Literature Review. London : Department for International Development.
Rehman, A.U. Munir, F. & Kazmi, S.F. (2016). Mother’s Knowledge about Child Development. Pakistan Pediatric Journal. 40(3): 176-81.
Riset Kesehatan Dasar. (2010). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.
Saaka, M. (2014). Relationship between Mothers’ Nutritional Knowledge in Childcare Practices and the Growth of Children Living in Impoverished Rural Communities. J Health Popul Nutr. 32 (2): 237-248.
Sanders, M.R. & Morawska, A. (2014). Can Changing Parental Knowledge, Dysfunctional Expectations and Attributions, and Emotion Regulation Improve Outcomes for Children?. CEED/SKC-ECD Parenting Skills. 1-9.
Santrock, J.W. (2012). Live Span Development. 13th Edition. University of Texas, Dallas : Mc Graw-Hill.
Schunk, I. dkk. (2013). Excess Weight in PreSchoolers: Prevalence and Associated Factors. J Pediatr (Rio J). 89 (2): 179-88.
September, S.J. Rich, E. & Roman, N. (2017). Association Betwwen Knowledge of Child Development and Parenting : A Systematic Review. The Open Family Studies Journal. 9. 1-14. doi: 10.2174/1874922401709010001
Siswoyo. (2015). Pengaruh Psikoedukasi terhadap Pengetahuan, Intensi, dan Sick Role Behavior pada Pasien Katarak dengan Pendekatan Model Theory of Planned Behavior Ajzen. Jurnal Ilmu Keperawatan. 3(2): 198-210.
Soetjiningsih, (2012). Tumbuh Kembang Anak. Buku Kedokteran, EGC : Jakarta.
Talib, J. Mohamad, Z. & Mamat, M. (2011). Effects of Parenting Style on Children Development. World Journal of Social Science. 1 (2): 14-35.
Tasnim, S. (2014). Effect of Breastfeeding on Child Development: At Birth and Beyond. South East Asia Journal of Public Health. 4 (1): 4-8.
Taufiqurrahman, M. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Gizi dengan Status Gizi Balita di Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Skripsi. Unsoed, Purwokerto.
UNICEF. (2013). Improving Child Nutrition, the Achievable Imperative for Global Progress. New York: United Nations Children’s Fund.
Vollmer, S. dkk. (2017). The Association of Parental Education with Childhood Undernutrition in Low-Middle-Income Countries : Comparing the Role of Paternal and Maternal Education. International Journal of Epidemiology. 46 (1): 312-323. doi: 10.1093/ije/dyw133.
Walker, S.P. dkk. (2011). Inequality in Early Childhood : Risk and Protective Factors for Early Child Development. The Lancet Journal. 378 (9799): 1325-1338.
Walsh, J. (2010). Psycheducation in Mental Health. Chicago: Lyceum Books, Inc.
Yue, A. dkk. (2017). The Relationship Between Maternal Parenting Knowledge and Infant Development Outcomes: Evidence from Rural China. Diunduh di https://pdfs.semanticscholar.org/f154/8d465e23fbf6ce9c9aad61dfe633e9e32f5a.pdf. tanggal 20 Juli 2019.
Zulkarnain, M.R. (2016). Yuk, Sukseskan Gerakan 1000 HPK. Food For Kid Indonesia. Ed 1. Vol 4.
Author Biographies
Christy Ruth Titiari Nainggolan, Universitas Airlangga
Bidang Studi Psikologi Klinis, Program Studi Magister Psikologi Profesi,Fakultas Psikologi
Hamidah Hamidah, Universitas Airlangga
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).