Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Efektivitas Pelatihan “Care Teacher, Fight Bullying” untuk Meningkatkan Keterampilan Pembinaan Bullying pada Guru Sekolah Dasar

Autor(s): Zakiah Ulya
DOI: 10.31289/analitika.v11i2.2957

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pelatihan “Care Teacher, Fight Bullying” untuk meningkatkan keterampilan melakukan pembinaan terhadap peristiwa bullying pada guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain one gorup pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 11 orang guru sekolah dasar di salah satu sekolah dasar di Kota Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes pengetahuan bullying (koefisien reliabilitas alpha cronbach 0.71) dan pedoman observasi keterampilan pembinaan pelaku dan korban bullying (reliabilitas interobserver 0.89). Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rerata skor keterampilan pembinaan bullying yang signifikan sebelum (M=6.82) dan sesudah (M=16.45) diberikan pelatihan. Nilai perbedaan dapat dilihat berdasarkan nilai z=-2.953 dengan taraf signifikansi 0.003 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan “Care Teacher, Fight Bullying” efektif untuk meningkatkan keterampilan melakukan pembinaan terhadap peristiwa bullying pada guru sekolah dasar.

Keywords

Pelatihan, Pembinaan Bullying, Guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (Edisi ke-2). Yogyakarta: Pustakan Pelajar.

Bradshaw, C. P. Sawyer, A. L. & O’Brennan, L. M. (2007). Bullying and peer victimization at school: Perceptual differences between students and school staff. School Psychology Review. 36 (3): 361-382.

Chen, L., Sung, Y. & Cheng, W. (2017). How to enhance teachers’ bullying identification: A comparison among providing a training program, a written definition, and a definition with a checklist of bullying characteristics. The Asia-Pacific Education Researcher. 26 (6): 351-359.

Committee for Children.. (2005). Steps to respect program guide: Review research. Diunduh di www.cfchildren.org tanggal 12 April 2019.

Duy, B. (2013). Teachers’ attitudes toward different types of bullying and victimization in turkey. Psychology in the schools. 50(10): 987-1002.

Froschl, M. Sprung, B. Mullin-Rindler, N. Stein, N. & Gropper, N. (1998). Quit it! A Teacher’s Guide in Teasing and Bullying for Use with Students in Grades K-3. Washington DC: NEA Professional Library.

Kustanti, E. R. (2015). Gambaran bullying pada pelajar di kota semarang. Jurnal Psikologi Undip. 14(1): 29-39

O’Moore, M. & Minton, S. J. (2004). Dealing with bullyng in schools. New Delhi: Paul Chapman Publishing.

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What we know and what we can do. Oxford: Blackwell.

Oldenburg, B. Van Duijn, M. Sentse, M., Huitsing, G. van de Ploeg, R. Salmivali, C. & Veenstra, R. (2014). Teacher characteristics and peer victimization in elementary schools: A classroom-level perspective. Journal of Abnormal Child Psychology. 43(1): 33-44.

Pepler, D. Craig, W. O’Connell, P. Atlas, R. & Charach, A. (2004). Making a difference in bullying: Evaluation of a systemic school-based programme in canada. Dalam Smith, P. K., Pepler, D., Rigby, K. Editor. Bullying in schools: How successful can interventions be. Cambridge: Cambridge University Press.

Rigby, K. (2007). Bullying in schools and what to do about it. Victoria: ACER Press.

Rowan, L. O. (2007). Making classroom bully-free zones: Practical suggsestions for educators, Kappa Delta Pi Record, 43 (4), 182-183.

Saptandari, E. W. & Adiyanti, M. G. (2013). Mengurangi bullying melalui program pelatihan “guru peduli”. Jurnal Psikologi. 40(2): 193-210.

Sattler, J.M. (2002). Assessment of children: Behavioral and clinical application (5th ed.). La Mesa, CA: Jerome M. Sattler, Publisher.

Siregar, J. (2016). Gambaran perilaku bullying pada masa kanak-kanak akhir di kota medan. An-Nafs. 10(1): 1-11.

Smokowski, P. R. & Kopasz, K. H. (2005). Bullying in school: An overview of types, effects, family characteristics, and interention strategies. Children & Schools. 27(2): 101-110.

Strohmeier, D. & Noam, G. G. (2012). Bullying in schools: what is the problem, and how can educators solve it?. New Directions for Youth Development. 2012(133): 7-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.