Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa


Dhian Kusumastuti(1*),


(1) Airlangga Univevrsity
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahasiswa dalam masa pendidikannya kerap mengalami hambatan yang berdampak pada rendahnya prestasi akademik yang mereka capai. Salah satu hambatan yang mereka hadapi adalah masalah kecemasan. Kecemasan adalah perasaan subjektif dari ketegangan, ketakutan, kegugupan, dan kekhawatiran yang terkait dengan peningkatan aktivitas sistem saraf. Penelitian ini merupakan penelitian dengan tinjauan sistematik terhadap 5 literatur yang meneliti mengenai kecemasan dengan prestasi akademik. Literatur pada penelitian ini diperoleh melalui basis pencarian data science direct, ProQuest dan Education Research Information Center. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian jurnal adalah “anxiety” and “academic achievement” and (“college student” or “university student”). Penelitian ini bertujuan ini mengetahui gambaran umum mengenai kecemasan mahasiswa dan hubungannya dengan prestasi akademik mereka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tinggi nya tingkat kecemasan diikuti oleh rendahnya prestasi akademik para mahasiswa. Hal ini berarti kecemasan memiliki hubungan negatif yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Terdapat berbagai jenis kecemasan yang bisa dialami oleh mahasiswa. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh perbedaan ciri khas pada ruang lingkup pendidikan yang mereka tempuh.


Keywords


Kecemasan; Mahasiswa; Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Azizy, I. V., Mustikawati, I. F., & Ulfa, M. (2019). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Saintika Media, 78–83.

Aydin, B. (1999). A Study of Source Foreign Language Classroom Anxiety in Speaking and Writing Classes. Disertasi.

Brook, C., & Wiloughby, T. (2015). The Social Ties That Bind: Social Anxiety and Academic Achievement Across the University Years. J Youth Adolescence, 1139–1152.

Cummings, G., & Estabrooks, C. (2003). The Effects of Hospital Restructuring That Included Layoffs on Individual Nurses Who Remained Employed: A systematic Re- view of Impact. International Journal of Sociology and Social Policy, 8–53.

DordiNejad, F. G., Hakimi, H., Ashouri, M., Dehghani, M., Zeinali, Z., Daghighi, M. S., & Bahrami, N. (2011). On The Relationship between Test Anxiety and Academic Performance. Precedia Social and Behavioral Science, 3774–3778.

Khalaila, R. (2014). The relationship between academic self-concept, intrinsic motivation, test anxiety, and academic achievement among nursing students: Mediating and moderating effects. Nurse Education Today, 1–7.

Marthoenis, Meutia, I., Fathiariani, L., & Sofyan, H. (2018). Prevalence of Depression and Anxiety among College Students Living in A Disaster-prone Region. Alexandria Journal of Medicine, 1–4.

McCraty, R. (2007). When Anxiety Causes Your Brain to Jam, use Your Heart. Institute of Heart Math.

Rana, R. A., & Mahmood, N. (2010). The Relationship between Test Anxiety and Academic Achievement. Bulletin of Education and Research, 63–74.

Schlenker, B., & Leary, M. (1982). Social Anxiety and Self-Presentation: A Conceptualization and Model. Psychological Bulletin, 641-669.

Spielberger, C. D. (1983). State Trait Anxiety. Mind Garden Inc.

Thomas, C., Cassady, J., & Heller, M. (2017). The Influence of Emotional Intelligence, Cognitive Test Anxiety, and Coping Strategies on Undergraduate Academic Performance. Learning and Individual Differences, 40–48.

Vitasari, P., Wahab, M. N., Othman, A., Herawan, T., & Sinnadurai, S. K. (2010). The Relationship between Study Anxiety and Academic Performance among Engineering Students. International Conference on Mathematics Education Research, 490–497.

Wahyudi, H. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Prestasi Akademik Rendah pada Mahasiswa Non-Pendas di UPBJJ-UT Denpasar. Seminar Nasional Riset Inovatif III, 52–58.

Yurtseven, N., & Akpur, U. (2018). Perfectionism, Anxiety and Procrastination as Predictors of EFL Academic Achievement: A Mixed Methods Study. Novitas-ROYAL (Research on Youth and Language), 96–115.




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License