Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa yang Bekerja di Universitas Medan Area


Candra Wijaya(1*), Nurmaida Irawani Siregar(2), Hidayat Hidayat(3),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Medan Area
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara self efficacy dengan self regulated learning pada mahasiswa yang bekerja. Dimana yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa yang bekerja di Universitas Medan Area yang memenuhi kriteria sampel dengan sampel sebanyak 67 mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan positif antara self efficacy dengan self regulated learning mahasiswa yang bekerja di Universitas Medan Area. Diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan self regulated learning mahasiswa yang bekerja di Universitas Medan Area. Selain itu dari penelitian ini diketahui bahwa secara umum para mahasiswa yang bekerja di Universitas Medan Area memiliki self efficacy yang tergolong sedang dan self regulated learning yang juga tergolong sedang. 


Keywords


Self Efficacy; Self Regulated Learning; Mahasiswa yang Bekerja

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. Freeman and Company.

Cobb, R. (2003). The relationship between self regulated learning behaviors and academia performance in web-based course. Dissertation. Virginia Polytechnic Institute.

Daulay, S.F & Fasti, R. (2011). Perbedaan self regulated learning antara mahasiswa yang bekerja dan yang tidak bekerja. Jurnal Psikologi.

Djamarah, S. . (2002). Bahasa Sukses Belajar. PT. Rineka Cipta.

Motte & Schwartz, 2009. (2009). Are Students Employment and Academic Success Linked? Http://Www.Millenniumscholarships.Ca/.

Ningsih, A. R. (2009). Mungkinkah Mahasiswa Kuliah Sambil Kerja. Https://Www.Pikiran-Rakyat.Com/.

Pajares, F., & Schunk, D. (2001). (2001). Self-Beliefs and School Success: Self-Efficacy, Self-Concept, and School Achievement. International Perspectives on Individual Differences: Self-Perception, 2.

Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan (edisi kedu). Kencana.

Schunk, D.H & Zimmerman, B. J. (1998). Self regulated learning from teaching to self reflection practice. The Guilford Press.

Yenni, D. (2007). Kuliah Sambil Kerja, Why Not. Medan Bisnis.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self Regulated Learning. Journal of Educational Psychology, 81.




DOI: https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3498

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Pascasarjana Magister Psikologi, Universitas Medan Area

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License