Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial
Authors
Dody Riswanto , Rahmiwati MarsinunDOI:
10.31289/analitika.v12i2.3704Published:
2020-12-30Issue:
Vol. 12 No. 2 (2020): ANALITIKA DESEMBERKeywords:
Cyberbullying, Remaja, Media SosialArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Cyberbullying adalah tindakan negatif yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok tertentu dengan cara mengirimkan pesan teks, foto, gambar meme, dan video ke akun media sosial seseorang dengan tujuan untuk menyindir, menghina, melecehkan, mendiskriminasi bahkan mempersekusi individu. Berdasarkan hasil data statistik, sebagian besar pelaku cyberbullying didominasi adalah remaja. Urgensi penelitian ini adalah cyberbullying merupakan fenomena yang sering terjadi di Indonesia dan telah menjadi gejala umum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti pengamatan atau observasi, studi dokumentasi, serta pengumpulan informasi audio visual. Analisis data dilakukan dengan teknik penarikan kesimpulan melalui kategorisasi, sintesis, penafsiran dan evaluasi yang menghasilkan makna deskriptif. Ringkasan hasil penelitian menunjukkan bahwa motif para remaja melakukan tindakan cyberbullying adalah: ketidaksukaan terhadap person atau pribadi seseorang, bermaksud menyindir dengan kalimat-kalimat negatif yang kurang etis dan kasar, bertujuan untuk menghibur agar para user atau pengguna internet dapat tertawa, perasaan dengki dan hasud yang menimpa diri remaja, dan merasa bahwa dirinya lebih baik dan berkualitas dibanding orang lain sehingga beranggapan bahwa tindakan cyberbullying adalah hal yang wajar. Penelitian ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi pengembangan ilmu psikologi dan konseling, khususnya pada pengembangan kognitif remaja serta pencegahan dan treatment yang harus dilakukan.
References
Aini, K., & Apriana, R. (2019). DampakCyberbullying Terhadap Depresi Pada Mahasiswa Prodi Ners. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 91. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.91-97
Aryani and Bakhtiar. (2018). Effect of assertive training on cyber bullying behavior for students. Konselor, 7(2), 78–88. https://doi.org/10.24036/020187210294-0-00
Batubara, J. R. (2016). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp12.1.2010.21-9
Capurso, S., Paradžik, L., & Čale Mratović, M. (2017). Cyberbullying among children and adolescents – an overview on epidemiological studies and effective preventive programs. Kriminologija & Socijalna Integracija, 25(1), 127–137. https://doi.org/10.31299/ksi.25.1.5
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (Fourth Edi). Sage Publications, Inc.
Fauziah, N. (2016). Cyberbullying di Indonesia : analisis kasus Rizky Firdaus Wicaksana alias Uus. Makalah Non Seminar, 7.
Hellsten, L. M. (2017). An Introduction to Cyberbullying Outline : Methodological Issues in Researching Cyberbullying.
Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72. https://doi.org/10.21512/comtech.v6i1.2289
Neuman, W. . (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches-Seventh Edition (Seventh ed). Pearson Education limited.
Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Jurnal Jaffray, 14(1), 43–62. https://doi.org/10.25278/jj.v14i1.188.43-62
Pramesti, T. J. . (2018). Sanksi Bagi Pem-Bully di Media Sosial.
Pratiwi, N. (2018). Pengaruh intensitas penggunaan sosial media dan penerimaan teman sebaya terhadap perilaku bullying siswa kelas v Sekolah Dasar. Basic Education, 149–161. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/10597/10131
Rastati, R. (2016). Bentuk Perundungan Siber Di Media Sosial Dan Pencegahannya Bagi Korban Dan Pelaku. Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 169–186. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.02.1
Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying pada Remaja (Studi Analisis Media Sosial Facebook). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(1), 35–44.
Riswanto. (2017). Karakteristik Pribadi Ideal Calon Konselor Berdasarkan teks Huma Betang Suku Dayak (Kajian Hermeneutika Gadamerian). Universitas Negeri Malang.
Riswanto, D., Mappiare-AT, A., & Irtadji, M. (2017). Kompetensi Multikultural Konselor pada Kebudayaan Suku Dayak Kalimantan Tengah. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(2), 215. https://doi.org/10.17509/jomsign.v1i2.8320
RizkyFitransyah, R. , & Waliyanti, E. (2018). Perilaku Cyberbullying Dengan Media Instagram Pada Remaja Di Yogyakarta. Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(1), 36–48. https://doi.org/10.18196/ijnp.2177
Sartana, & Afriyeni, N. (2017). Perilaku Perundung Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal. Journal Psikologis Insight, 1(1), 25–39. https://ejournal.upi.edu/index.php/insight/article/download/8442/5299
Setyawati, I. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Ask.fm Terhadap Gangguan Emosi Remaja. Universitas Lampung.
Sitompul, J. (2018). Pencemaran Nama Baik di Media Sosial, Delik Biasa atau Aduan. https://m.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt520aa5d4cedab/pencemaran-nama-baik-di-media-sosial-delik-biasa-atau-aduan
Strauss & Corbin. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Tata Langkah dan Teknik-teknik Teoretisasi Data. Terjemahan Shodiq & Muttaqien. Pustaka Pelajar Offset.
Suciartini, N. N. A., & Sumartini, N. L. U. (2018). Verbal Bullying dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 152–171.
Tracy, S. (2013). Qualitative Research Methods: Collecting Evidence, Crafting Analysis, Communicating Impact. Wiley-Blackwell A John Wiley & Sons, Ltd, Publications.
Utami. (2014). Cyberbullying di Kalangan Remaja: Studi Tentang Korban Cyberbullying di Kalangan Remaja. Universitas Airlangga.
Winoto, Y. (2019). Remaja Dan Pandangannya Terhadap Cyberbullying Pada Media Facebook. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 121. https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.980
Wiryada, Martiarini, Budiningsih. (2017). Gambaran Cyberbullying Pada Remaja Pengguna Jejaring Sosial Di Sma Negeri 1 Dan Sma Negeri 2 Ungaran. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 86–92.
Author Biographies
Dody Riswanto, Mathlaul Anwar University
Rahmiwati Marsinun, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).