Gambaran Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Melewati Masa Studi 4 Tahun
Authors
Luthfah Naily Faradisa , Dhian Kusumastuti , Anang Arief Abdillah , Alto Kusumo Yondrian , Endang Retno SurjaningrumDOI:
10.31289/analitika.v14i1.5878Published:
2022-06-30Issue:
Vol. 14 No. 1 (2022): ANALITIKA JUNIKeywords:
Motivasi Berprestasi, Mahasiswa Strata-1, Mahasiswa Lewat Masa Studi 4 TahunArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran motivasi berprestasi pada mahasiswa yang telah melewati masa studi 4 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Airlangga yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitatif pendekatan studi kasus dengan proses pengambilan data menggunakan teknik wawancara serta menggunakan teknik analisis tematik dengan theory driven. Hasil penelitian menemukan bahwa pilihan, usaha, dan ketekunan pada mahasiswa tidak selalu berorientasi pada hal akademik namun juga dapat berorientasi pada hal-hal non-akademik. Kedua subjek pada penelitian ini memiliki pola yang sama dalam orientasi motivasi berprestasi beserta perubahannya dari masa SMA, masa kuliah 4 tahun dan masa setelah melewati waktu studi 4 tahun. Adanya perubahan orientasi motivasi berprestasi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam factor. Pada subjek penelitian ini, faktor yang tampak adalah kebutuhan afiliasi, kebutuhan otonomi, dan tuntutan dari standar pendidikan. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi berprestasi mahasiswa dapat mengarah pada prestasi akademik dan prestasi non-akademik. Usaha dan ketekunan yang dilakukan kemudian akan sejalan dengan pilihan fokus prestasi yang telah dipilih sebelumnya.
References
Amin, F. N., Indahwati, & Anggraini, Y. (2013). Analisis Ketepatan Waktu Lulus berdasarkan Karakteristik Mahasiswa FEM dan FAPERTA Menggunakan Metode Chart. Xplore, 1-8.
Azizy, I. V., Mustikawati, I. F., & Ulfa, M. (2019). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dan Tingkat Kecemasan Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Saintika Medika, 15(1). https://doi.org/10.22219/sm.vol15.smumm1.8488
Brook, C. A., & Willoughby, T. (2015). The Social Ties That Bind: Social Anxiety and Academic Achievement Across the University Years. Journal of Youth and Adolescence, 44(5). https://doi.org/10.1007/s10964-015-0262-8
Bempechat, J., & Shernoff, D. J. (2012). Parental Influences on Achievement Motivation and Student Engagement. In S. L. Christenson, A. L. Reschly, & C. Wylie (Eds.), Handbook of Research on Student Engagement (pp. 315-342). London: Springer.
Gulati, S., Nehria, S., Meena, D., & Mustafa, M. (2016). A Comparative Study: Need for Affiliation and Gratitudes among Young Adults Who Are/Aren't In a Relationship. The International Journal of Indian Psychology, 107-115.
Haryani, R., & Tairas. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Dan Perkembangan, 3(01).
Heckhausen, H. (2013). The Anatomy of Achievement Motivation. Cambridge: Academic Press.
Hianto, S., & Shanti, T. I. (2018). Dinamika Stres, Strategi Coping, dan Dukungan Sosial yang Diharapkan Mahasiswa Skripsi di Universitas XYZ. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 41 - 60.
Humas Universitas Hasanuddin. (2016, Agustus 1). Akademik. Retrieved from Universitas Hasanuddin: https://unhas.ac.id/article/title/920-mahasiswa-unhas-terkena-evaluasi-masa-studi
Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2). https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260
Info Kampus News. (2017, September 13). Kampus. Retrieved from Info Kampus News: https://infokampus.news/sedikit-mahasiswa-lulus-tepat-waktu-dekan-ft-um-lebih-condong-turunkan-standar-skripsi/
Legault, L. (2016). The Need for Autonomy. Encyclopedia of Personality and Individual Differences. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_1120-1
Mayangsari, M. D. (2016). Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau dari Penerimaan Orangtua. Jurnal Ecopsy, 1(1).
Murayama, K., Pekrun, R., Lichtenfeld, S., & Hofe, R. v. (2013). Predicting Long-Term Growth in Students' Mathematics Achievement: The Unique Contributions of Motivation and Cognitive Strategies. Child Development, 1475-1490.
Muro, A., Soler, J., Cebolla, A., & Cladellas, R. (2018). A positive psychological intervention for failing students: Does it improve academic achievement and motivation? A pilot study. Learning and Motivation, 126-132.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Retrieved from https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2016/01/26/standar-nasional-pendidikan-tinggi-tahun-2015/
Peraturan Rektor Universitas Airlangga Nomor 27 Tahun 2018 tentang Pedoman Pendidikan Universitas Airlangga. Retrived from http://pendidikan.unair.ac.id/v2/index.php/panduan-prosedur-akademik/
Purba, E. S. (2012). Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa S1 Reguler dan Eksekutif Angkatan 2011 Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Program Keperawatan Universitas Esa Unggul. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.
Rahman, R. D. (2016). Pengaruh Motivasi Berperstasi, Self Efficacy, dan Dukungan Sosial terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Tazkiya Journal of Psychology, 55-76.
Saleh, M. (2014). Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga, Lingkungan Kampus dan Aktif Berorganisasi terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Phenomenon, 109-141.
Schunk, D. H., & Usher, E. L. (2012). Social Cognitive Theory and Motivation. In R. M. Ryan (Ed.), The Oxford Handbook of Human Motivation (pp. 13-27). New York: Oxford University Press, Inc.
Schunk, D., Meece, J., & Pintrich, P. (2014). Motivation in Education Theory, Research, and Applications. London: Pearson.
Supraba, Dellawaty (2013) Hubungan motivasi berprestasi dengan prokastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Author Biographies
Luthfah Naily Faradisa, Airlangga University
Dhian Kusumastuti, Airlangga University
Anang Arief Abdillah, Airlangga University
Alto Kusumo Yondrian, Airlangga University
Endang Retno Surjaningrum, Airlangga University
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).