English
Indonesia
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran rasa syukur pekerja harian sektor pariwisata pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan snowball. Jumlah subjek penelitian sebanyak empat orang yang berprofesi sebagai tour guide dan supir travel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa rasa syukur yang dimiliki oleh pekerja harian sektor pariwisata, baik secara transpersonal maupun personal, bersumber dari spritual dan dukungan teman seprofesi sehingga mampu bertahan menjalankan hidup pada masa pandemi Covid-19. Ungkapan rasa syukur pekerja harian sektor pariwisata pada masa pandemi Covid-19 tampak melalui penghargaan atas penghasilan yang mereka peroleh setiap hari, serta perasaan positif seperti bahagia dan menikmati hidup, dan beberapa tindakan positif lainnya seperti berjualan, berkumpul, beribadah, dan tetap menolong sesama yang lebih membutuhkan pertolongan.
Dongoran, Faisal R; Nisa, Khairul ; Sihombing, Marni & Purbs, Lusita Devi. (2016). Analisis Jumlah Pengangguran Dan Ketenagakerjaan Terhadap Keberadaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Medan. Jurnal EduTech. Vol. 2, No.2. Hal.59-72.
Emmons, R. (2007). Thanks How To New Science Of Gratitude Can Make You Happier [foxit Reader PDF Version 6.0]. Retrived from http://gen.lib.rus.ec/book/indexd.php.
Emmons, R.A., & Mishra, A. (2011). Why Gratitude Enhances Well-Being: What We Know, What We Need To Know. In K.M.Sheldon, T.B. Kashdan, & M. E Steger (Eds), Designing positive psychology: Taking stock and moving forward (pp.248-262)
Emmons, R.A., & Mc Cullough, M.E. (2012). The Pschology Of Gratitude. Oxford, New York: Oxford University Press.
Froh,J.J, Kashdan, TB., Ozimkowski, KM., & Miller, N. (2009). Who Benefits The Most From Gratitude Intervention In Children And Adolescence? Examining Positive Affect As A Moderator. The journal of positive Psyhology,4, 408-422.
Haryanto, Hendrik,. Chris & Kertamuda, F.E. (2016). Syukur sebagai Sebuak Pemaknaan.Jurnal Insight. Vol.18.No.2.Hal:2548-1800.
Hidayah, Wahyu; Militina, Theresia & Ulfah, Yana. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tenaga Kerja Dan Produk Domestik Regional Bruto Di Kota Samarinda. Universitas Mulawarma Indonesia. Jurnal Ekonomi Keuangan, dan Manajemen. Vol 12. No.1, Hal.138-162.
Listiyandini, R.A., Nadya, R., Sonia, L., & Nathania, A. (2015). Mengukur Rasa Syukur: Pengembangan Model Awal Skala Bersyukur Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat.Vol:2.N0.2, hal.473-496.
Lopeez,S.J.,& snyder, C.R. (2003). Positive Psychological Assessment: A Handbook Of Models And Measures. Washington. DC: american Psychological Association.
McCullough, M. E., Emmons, R.A., & Tsang, J. (2002). The Greteful Disposition: A Conceptual And Empirical Topography. Journal of Personality and Social Psychology. 82, 112-127.
Mubarak. Umi.(2017). Korelasi Antara Kebersyukuran Terhadap Kecemasan Menghadapi Persalinan Pada Ibu Hamil Trimester Tiga Di Banjarmasin. Jurnal Psikologi. Vol:13. No:1, Hal.73-79.
Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character Strengths And Virtues: A Handbook For Classification. Washington, DC: American Psychological Association.
Watkins, P. C,. Woodward, K., Stone, T., & Kolts, R. L. (2003). Gratitude And Hapiness. Development Of A Measure Of Gratitude, And Relationship With Subjektive Well-Being. Social Bahavior and Personality: an International Journal, 31(5): 43-452
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The UMA Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research.