STUDI BUDAYA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTANADI PROVINSI SUMATERA UTARA
Authors
Sjahril EffendiDOI:
10.31289/analitika.v1i1.689Published:
2009-08-29Issue:
Vol. 1 No. 1 (2009): ANALITIKA JUNIKeywords:
budaya perusahaan, PDAM Tirtanadi, Provinsi Sumatera UtaraArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Dari 335 PDAM yang ada di Indonesia, hanya 80 PDAM yang sehat. Diantara PDAM yang sehat itu termasuklah PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara dan secara berturut – turut pada tahun 2005, 2006 dan 2007 ditetapkan sebagai penyelenggara air minum terbaik di Indonesia untuk kategori Kota Metropolitan oleh Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara memiliki teknik operasional yang baik dalam memberikan pelayanan “Tiga Tas Air†(Kuantitas, Kualitas dan Kontinuitas Air) kepada masyarakat pelanggan dan telah menciptakan budaya perusahaan yang kuat. Budaya perushaan yang tercipta itu pada periode tahun 2002 – 2010 adalah sistem manajemen mutu (ISO 9001:2000), penilaian kinerja yang baik (Aspek Keuangan, Aspek Operasional, Aspek Administrasi) dan Integritas pimpinan, staf dan karyawan yang cukup tinggi. Budaya perusahaan seperti ini belum tercipta pada periode sebelumnya yaitu tahun 1994 – 2002. Pada tahun 2009 ini diperkirakan seluruh kantor cabang pemasaran di wilayah zona I (Medan dan sekitarnya) sebanyak 13 kantor cabang akan memperoleh ISO 9001:2000. Nilai – nilai budaya perusahaan yang tercipta pada periode tahun 2002 – 2010 itu diperoleh prestasi dan penghargaan yang cukup banyak, dan pelayanan “Tiga Tas Air†menjadi lebih baik. Di samping itu, budaya gaya kepemimpinan pada periode tahun 2002 – 2010 adalah demokratis, dimana pemimpin bersedia menerima saran – saran dari bawahan dan selalu memberi kesempatan bawahan untuk berkonsultasi. Di samping itu, terjadi pula perubahan bentuk organisasi yang berorientasi kepada pelanggan (konsumen) dimana kepentingan pelanggan menjadi perhatian utama perusahaan.
References
Ali Nina. L.S. (2002). Pengaruh masa kerja, trait Kepribadian, kepuasan kerja, dan iklim psikologis komitmen dosen pada universitas Indonesia Disertai, tidak dipublikasikan. Depok: universitas Indonesia.
Amiyanti, R. (2000). Hubungan nilai-nilai pribadi, gaya kepemimpinan, dengan keikatan organisasi pada manajer madya Pertamina. Tesis, tidak dipublikasikan. Depok: universitas Indonesia.
Arikunto, S. (1991). Produser Penelitian :suatu pendekatan praktik. (cetakan ketujuh). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, S. (1998). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. (edisi kedua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cohen, A. (1999). Relationship among five forms of commitment an empirical assessment. Journal of organizational behavior, 20,285-308.
Cronbach. L.J. (1984). Essentials of psychological testing. (4ed). New York: Harper & Row, Publishers.
Cushway, B., dan lodge. D. (1995). Manajemen sumber daya manusia. (terk). Jakarta: Elex
Media Komputindo.
Denison, D.R. (1990). Corporate Culture and organizational effectiveness. New York : jhon wiley &
Sons.
Drenth, PJ., Thierry, H., dan de Wolft, CJ. (1998). Editor. Personnel psychology: Handbook of work
and organizational psychology. (2nd ed). Hove: Psychology Press Ltd.
Gilmer, B. Van H. (1984), Apllied psychology: Adjustment ini living and work. New Delhi: tata
mcGraws-Hill Publishing company Ltd.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi rearch (jilid2). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Huczyanski, A.A., dan buchanan, D.A. (1985). Organizational behavior :
An introductory text. (2nd ed).new york : prentice Hall.
Ibnu Umar, S. (1994). Variabel-variabel individual peramal keberhasilan transmigran. Disertai, tidak
dipublikasikan. Jakarta: universitas Indonesia.
Kamus besar bahasa Indonesia. (1991). (Edisi Kedua). Jakarta: departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pustaka.
Kewenangan perguruan tinggi negeri ditingkatkan (2002, 31 januari). Media Indonesia, Hal.14.
Kerlinger, FN. (1998). Asas-asas penelitian behavioral. (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Gadjah
Mada Universitay Press.
Meyer, J.B., Allen, N.J. (1997) commitment in the work place: thery, research and application,
thousand oaks. California: Sage Publication, Inc.
Miner, J.B. (1992). Industrial-organizational psychology. New York: McGraw-Gill,Inc.
Morgan, C.T., King, R.A., Weisz, J.R., dan Schopler, J. (1986). Introduction to psychology. (2th ed).
Singaore:McGraw-Hill Book Co.
Munandar, A.S. (2001). Psikologi Industri dan organisasi . jakarta : penerbit Universitas Indonesia
Murphy. K.R. (1996). Individual differences and behavior in organization. San fransisco: Jossey Bass
Inc Pubblishers.
Nainggolan, H. (1986). Pembinaan pegawai negeri sipil. (Cetakan Ketujuh).
Parasuraman, A. (1986). Marketing research. USA: Addison Wesley Publishing Co.Inc.
Perguruan tinggi harus bangun akuntabilitas. (2002,3 April). Kompas, hal.9
Prokopenko, J. (1992). Productivity management: a practical handbook. Geneva: International Labor
Office.
Purwanto, A.J. & Fadhillah, S. (1999). Kajian atas efektivitas organisasi pelayanan mahasiswa di
Universitas Terbuka. Laporan pnelitian. Jakarta: FISIP Universitas Terbuka
Randolph, W.A., blackburn R.s. (1989). Managing organizational behavior.:
Concept, controversies and application. Englewood Clifftsd, New york: Prentice Hall International
Inc.
Robibins, S.P. (1991). Management. (3rd ed). Prentice Hall International Edition.
Samboteng, L. (2001). Studi tentang kualitas pelayanan public. Persepsi PNS terhadap pelayanan kesehatan melalui asuransi kesehatan di kota makassar. Jurnal Administrasi Negara.
Vol.7,No.3, hal 30-51.
Santosa, S. (2001). Analisa hubungan antara kepemimpinan, penilaian kinerja, motivasi, dengan
iklim organisasi pada komite anti dumping Indonesia. Tesis tidak dipublikasikan Universitas
Indonesia.
Santosa, S. (2002). SPSS versi 10.0: mengolah data secara professional. Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo.
Statistik Universitas Terbuka. (1997). Mahasiswa masa registrasi 96.1 dan alumni masa yudisium
2. departemen Pendidikan dan Kebudayaan : Universitas Terbuka.
Statistik Universitas terbuka. (1997). Mahasiswa masa registrasi 96.2 dan alumni masa yudisium
1.1 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Universitas Terbuka.
Statistik Universitas Terbuka. (2000). Mahasiswa masa registrasi 99.2 dan alumni masa yudisium
1. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Terbuka.
Setiadi, B.N., Matindas, R.W., Chairy, L.S. (1998). Pedoman penuisan skripsi psikologi. Universitas
Indonesia: Fakultas Psikologi.
Situmorang, N.Z. (2000). Hubungan antara iklim organisasi dan komitmen
Organisasi dengan kepuasan kerja dosen perguruan tinggi negeri dan swasta di Jayapura. Tesis, tidak
dipublikasikan. Universitas Indonesia.
Steers, R.M. & Black, J.S. (1994). Organizational bahavior. (5th ed). Harper Collins College
Publishers.
Steers, R.M. & Porter, L.W. (1987). Motivation and work behavior. (4th ed). McGraw-Hill
International edition.
Sukadji, S. (2000). Menyusun dan mengevaluasi laporan penelitian. Jakarta: UI Press.
Thoha, M. (1999). Administrasi Negara demokrasi, dan masyarakat madani. Jakarta: Lembaga:Administrasi Negara.
Wahyosumidjo. (1984). Kepempinan dan motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Walizer, M.H., dan Wienir, P.L. (1987). Metode dan analisis penelitian : mencari hubungan. (jilid2).
Alih bahasa: Arief Sukadi Sadirman. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Wursanto. (1983). Manajemen personalia. Jakarta: Pustaka Dian
Sofyan Tan (2004). Jalan Menuju Masyarakat Anti.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).