Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Pendampingan Teman Sebaya: Strategi Pembinaan Guru BK Menyusun Program Layanan BK Di Sekolah

Autor(s): Bakhtiar Chaniago
DOI: 10.31289/analitika.v9i1.734

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan rancangan pra dan pasca uji satu kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi self-monitoring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Ada tiga komponen motivasi belajar yang diukur yaitu, ekspektensi (harapan), nilai instrinsik dan afektif siswa. Subjek diberikan pelatihan menggunakan strategi self-monitoring dan hasil akhirnya diukur dengan skala motivasi belajar. Analisis data menunjukkan ada peningkatan rata-rata skor pada masing komponen motivasi belajar sesudah diberikan pelatihan strategi self-monitoring, yakni komponen ekspektensi sebesar19,21%, nilai instrinsik 18,44% dan afektif 21,48%. Konselor atau guru pembimbing perlu mendapat pelatihan khusus, agar pelaksanaan strategi ini dapat berhasil  dengan baik.

Keywords

Keefektifan, Strategi Self Monitoring, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References

Glickman, CD. 2009. The Basic Guide To Supervision and Instructional Leadership. USA: Allyn & Bacon

Made Pidarta, 2009.Supervisi Pendidikan Kontekstual.Jakarta: Rineka Cipta

Nurasmah, O. 2014. Empowering Teaching, Learning, and Supervision through Coaching in Action Research. Journal of Management Research, Vol 7, No 2. 2014. 98-108.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prayitno, 2001. Pengawasan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Pusat PengembanganTenaga Kependidikan. 2015. Supervisi Manajerial dan supervisi Akademik. Jakarta.

Sahettian. PA. 2000. Konsep Dasar &Teknik Supervisi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

Shertzer, B & Stone, S.C. 1981. Fundamentals of Guidance. Fourth Edition.Houghton Mifflin Company

Sri Milfayetti. 2012. Assesmen Non Tes Dalam Bimbingan Konseling. Medan: PPs Unimed

Slavin, RE. 2001. Educational Psychology. Newyerse: Allyn Bacon

Refbacks

  • There are currently no refbacks.