Web Analytics Made Easy -
StatCounter

HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI

Autor(s): T. Elfira Rahmayati, Zulkarnain Lubis
DOI: 10.31289/analitika.v5i2.784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa. Populasi penelitian adalah siswa/i kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 209  siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 120 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala penyesuaian diri, skala efikasi diri akademik, dan skala dukungan sosial yang dikembangkan berdasarkan teori yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan  penyesuaian diri  pada siswa. Semakin tinggi efikasi diri akademik yang dimiliki siswa dan semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan  maka semakin tinggi penyesuaian diri siswa, dan sebaliknya. Selain itu, diketahui pula bahwa siswa SMP Swasta Budi Agung Medan memiliki efikasi diri akademik yang tergolong baik, dukungan sosial yang tergolong baik dan penyesuaian diri yang tergolong baik pula.

Keywords

efikasi diri akademik, dukungan sosial, penyesuaian diri

Full Text:

PDF

References

Asrori, M. & Ali, M. (2006). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Marsh, H. W., Yeung, A. S., (1997). Causal Effects of Academic Self-Concept on Academic Achievement : Structural Equation Models of Longitudinal Data. Journal of Educational Psychology. 89 : 41-54.

Minauli, I., Imelda B.,(2011), Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa, Analitika: 3 (2): 99-114

Santrock, J.W. (2002). Live Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Schunk, D., Pajares, F. (2001). The Development of Academic Self-Efficacy. San Diego : Academic Press.

Schunk,D., Pintrich, P., Meece, J. (2008). Excerpt from Motivation in Education : Theory, Research, and Applications. .

Schneiders, A.A. (1964). Personal Adjusment and Mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Steinberg, L. (2002). Adolescence. 6th Edition. New York : McGraw-Hill.

Wijaya, I. P. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua dan Penyesuaian diri Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurnal Psikologi Persona. Volume 01, Nomor 01, Juni 2012.

Wijaya, N. (2007). Hubungan Antara Keyakinan Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Siswa Tahun Pertama Sekolah Asrama SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan. Skripsi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.