Web Analytics Made Easy -
StatCounter

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR

Autor(s): Tulozomasi Hulu, Irna Minauli
DOI: 10.31289/analitika.v5i2.785

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa/i kelas XI SMA Santo Thomas-3 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kemudian diketahui berjumlah 100 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri, dan analisis dokumentasi terhadap Daftar Kumpulan Nilai (DKN) untuk melihat prestasi belajar siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji statistik korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara bersama-sama, ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada siswa siswa/i SMA Santo Thomas-3 Medan. Selain itu, didapat informasi bahwa efikasi diri siswa/i   SMA Santo Thomas-3 Medan tergolong baik dan kecerdasan emosional mereka pun tergolong tinggi. 

Keywords

kecerdasan emosi, efikasi diri, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References

Bandura. (1997). Self-Efficacy, The Exercise of Control. USA : Mc Graw Hill Companies.

Goleman. (2000). Walking with Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

. (2000). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gottman. (2001). Kiat-Kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

. (2002). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hawari, Dadang. (2003). IQ, EQ, CQ & SQ. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Minauli, I., Imelda B.,(2011), Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa, Analitika: 3 (2): 99-114

Patton. (1998). Emotional Quotient di Tempat Kerja. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Winkel. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.