Web Analytics Made Easy -
StatCounter

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PEER GROUP TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING

Autor(s): Rahmawati br. Tarigan, Sri Milfayetty, Nurmaida Irawani
DOI: 10.31289/analitika.v7i2.819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik peer group terhadap efikasi diri dan self-regulated learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 16 orang mahasiswatingkat II di Akademi Kebidanan (Akbid) Helvetia Medan yang mempunyai tingkat efikasi diri dan self-regulated learningyang tergolong rendah. Untuk memperoleh data mengenai efikasi diri dan self-regulated learning digunakan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov ditemukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik peer group memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri dan self-regulated learning siswa di Akbid Helvetia Medan.

Keywords

bimbingan kelompok, peer group, efikasi diri, self-regulated learning, akademi kebidanan

Full Text:

PDF

References

Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Bandura, A. (1994). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freemanand Company.

Hulu, T., Irna M., (2013), Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar, Analitika: 5 (2): 50-56

Minauli, I., Imelda B.,(2011), Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Diri Dalam Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa, Analitika: 3 (2): 99-114

Rahmayati, T.E., Zulkarnain L., (2013), Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri, Analitika: 5 (2): 43-49

Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta Prenada Media Group.

Sitanggang, O.E.Y., Nini S.W., (2014), Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan pada Calon TKI, Analitika: 6 (1): 37-43

Schunk, D. H. (1995). Self-Efficacy, Motivation, and Performance. Journal of Applied SportPsychology. 7(2), 112-137.

Zimmerman, B.J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. 3-17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.